Khidmat, Peringatan HUT ke-73 Persandian di Kulon Progo - Warta Handayani

Khidmat, Peringatan HUT ke-73 Persandian di Kulon Progo

Share This

KULON PROGO,(WH) - Dalam kehidupan pasti memiliki catatan sejarah yang ditorehkan melalui perjuangan dan pengorbanan, demikian halnya dengan pembentukan lembaga persandian di Indonesia. Pada tanggal 4 April 1946 tepat 73 tahun lalu pada masa perjuangan kemerdekaan dibentuk cikal bakal lembaga persandian di Republik Indonesia dengan nama Dinas Kode di Yogyakarta.
Untuk memperingatinya pada hari Kamis, (4/4/2019) bertempat di Halaman Rumah Sandi, Dukuh, Samigaluh, Kulon Progo diselenggarakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Persandian dengan Inspektur Upacara, Kepala Dinas Kominfo DIY, Roni Primanto Hari dan Komandan Upacara, Kapten Yudhi Setiawan dari Korem 072/Pamungkas Yogyakarta dan Perwira Upacara Peltu Kom. Sarjita dari Lanal TNI AL Yogyakarta.
Peserta upacara yang hadir pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Persandian berasal dari Unit Teknis Persandian anggota Forum Komunikasi Persandian Daerah (Forkomsanda) DIY yang terdiri atas; TNI, Polri, Kejaksaan, Museum Sandi BSSN RI DIY, dan Dinas Kominfo se-DIY.
Tema peringatan pada tahun 2019 ini adalah “Kolaborasi dan Sinergi Dalam Membangun Ketahanan dan Kedaulatan Nasional Di Bidang Sandi Dan Keamanan Siber”.
Dalam Sambutannya, Kepala BSSN RI Mayjend (Purn), Djoko Setiadi yang dibacakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY menyampaikan bahwa perjalanan panjang fungsi persandian untuk pengamanan berita atau informasi di Indonesia sejak proklamasi kemerdekaan sampai saat ini tidak pernah lepas dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
“ Sejalan dengan itu, wadah kelembagaannya pun bertransformasi menyesuaikan dengan objek, ancaman dan metode pengamanan yang berkembang karena tuntutan dan tantangan dari perubahan lingkungan strategis pada era siber ini .“katanya.
Pada kesempatan ini Kepala BSSN kepada jajaran persandian menekankan kesiapannya untuk menghadapi tantangan terhadap ketahanan dan kedaulatan suatu negara di era revolusi industri 4.0 memiliki dimensi yang meluas dan komplek. Sehingga kebijakan dan strstegi nasional perlu direvitalisasi dan disesuaikan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, karena kehadiran internet yang kemudian melahirkan inovasi-inovasi yang membawa kepada era industri 4.0 dimana manusia dan organisasi sudah dapat memanfaatkan internet of thing, artificial intelligence dan big data untuk mendukung segala kebutuhan dan aktivitasnya dalam kehidupan sehari-harinya.
Peringatan HUT ke-73 Persandian Tahun 2019, yang berlangsung sederhana ini didukung dengan berbagai kegiatan meliputi; bakti sosial dan donor darah yang dilaksanakan di Museum Sandi tanggal 28 Maret 2019 dan Napak Tilas Sandi dengan berjalan kaki dari Museum Sandi sampai dengan Rumah Sandi Dukuh, Samigaluh, Kulonprogo sejauh 23 kilometer yang diikuti oleh anggota Forkomsanda DIY.(Hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here