Rusuh Pasukan Dalmas Dikerahkan


WONOSARI,(WH) - Jumat (22/03/19) pagi Polres Gunungkidul melaksanakan Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Progo 2018, di Titik Nol Gunungkidul dalam rangka kesiapan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Dalam Gelar Pasukan yang diikuti oleh perwakilan Caleg peserta pemilu, Forkompinda dan unsur yang terlibat dalam Pemilu 2019 serta dilaksanakan deklarasi damai untuk menjaga situasi yang aman dan sejuk dalam menjalani pelaksanaan Pemilu. Selanjutnya dilakukan simulasi pengamanan pemilu yang mana, terdapat kericuhan di TPS 21 dan pelaku berhasil diamankan petugas atas permintaan dari ketua KPPS.

Namun karena merasa kecewa pelaku mengerahkan massa maupun simpatisan untuk melakukan demo ke kantor KPU. Tahapan demi tahapan dari negosiator tidak berhasil meredam massa, hingga akhirnya menerjunkan pasukan Dalmas awal, Dalmas lanjut dan pada akhirnya Pasukan Pengurai Massa ( Raimas ) membubarkan paksa dengan tembakan Water cannon dan gas air mata. Namun dalam pembubaran tersebut ada massa yang mengalami cidera, dengan perlindungan dari pasukan Raimas korban luka tersebut di evakuasi oleh Tim Dokpol ke rumah sakit terdekat, akhirnya massa membubarkan diri dan kantor KPU dinyatakan aman.



Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady S.H,S.I.K,M.H yang didampingi Dandim 0730/GK, Letkol Inf Noppy Laksana Armyanto, SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa bukan hanya anggota partai politik dan masyarakat saja yang dituntut untuk tertib dan patuh pada ketentuan pemilu, namun juga pihak penyelenggara pemilu yakni KPU, Bawaslu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), sehingga tidak ada toleransi sekecil apapun bagi pihak-pihak yang akan mengganggu jalannya pelaksanaan Pemilu 2019.

TNI - Polri yang berada pada garis terdepan dalam menjaga dan mengawal pelaksanaan Pemilu hingga ke TPS, bertanggung jawab langsung terdapat pengamanan jalannya pemilu, apabila menemukan kerawanan dan hambatan harus bisa mengambil tindakan tegas sesuai dengan prosedur dan aturan hukum yang berlaku.

(Hms Res Gnk ).

Posting Komentar

0 Komentar