Bupati Gunungkidul: Dengan Perlengkapan Ruang arsip Akan Mendukung Tata Kelola Kearsipan Lebih Baik


Girisubo ( Wartahandayani.com )_Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menyerahkan perlengkapan ruang arsip yang diberikan kepada Kalurahan Jepitu, Kapanewon Girisubo. Kegiatan ini sebagai upaya terwujudnya ketertiban pengelolaan  arsip baik data tanah kasultanan, dan tanah kalurahan.

Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Niti Mandala sarta Tata Sasana) Fajar Ridwan mengatakan, perlu dilaksanakan pendampingan  dan pembinaan dalam hal pemeliharaan dokumen tanah kasultanan, tanah Kadipaten dan Tanah Kalurahan.

"Digitalisasi ini diberikan guna keberlangsungan kegiatan pengarsipan dokumen  pertanahan agar aman terutama dalam jangka  panjang," kata Fajar, Senin (13/11/2023).

Pihaknya mengatakan, Penerima manfaat dari  terealisasinya sub kegiatan Pemeliharaan  Dokumen Pertanahan adalah 1 Kalurahan di Jepitu Kapanewon Girisubo Kabupaten Gunungkidul.

"Kegiatan pembelian hibah perlengkapan arsip didanai dari Dana Keistimewaan TA 2023  senilai Rp. 87.208.482," ungkap Fajar. 

Berbagai jenis barang yang diberikan antara lain meja, kursi, filling cabinet , scanner kipas angin, lemari peta atau horisontal filling cabinet, komputer destop unit pc, printer dan lampu LED.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, upaya pengarsipan terpadu ini akan mendukung percepatan tata kelola kearsipan yang lebih baik karena memanfaatkan teknologi. Apa yang ada di Kalurahan Jepitu ini kedepan dapat dijadikan role model.

"Mudah mudahan ini akan terealisasi dan menjadi contoh kalurahan lainnya sehingga tidak ada masalah dalam permasalahan kepemilikan tanah," papar Bupati.

Bupati juga menerangkan, sistem kearsipan di Kalurahan Jepitu ini terlaksana hingga tingkat RT, RW, Padukuhan dan Kalurahan. Sehingga semua data kearsipan dapat tersimpan dengan baik tanpa takut hilang atau tertukar.

"Semuanya bisa kita lihat melalui layar komputer ini, baik batas wilayah kepemilikan dan data pendukung lainnya," ungkapnya.

Bowo/kominfo

Posting Komentar

0 Komentar