Sumur Tua Dan Pohon Mur Klampok Menjadi Awal Mula Dusun Sawahan 2 Warga Mengadakan Tirakatan - Warta Handayani

Sumur Tua Dan Pohon Mur Klampok Menjadi Awal Mula Dusun Sawahan 2 Warga Mengadakan Tirakatan

Share This
PLAYEN (WH)-Minggu malam 24/11/1019. Dalam rangka melestarikan Budaya salah satunya warga masyarakat Rt 2 Rw 06 Padukuhan Sawahan 2 Desa Bleberan Kecamatan Playen mengadakan tradisi Kenduri di lokasi Sumur Tua yang ada di Padukuhan Sawahan 2.

Sumur tua yang berada tepat ditengah-tengah tanah persawahan, konon ada sebuah pohon Jambu Klampok (mur klampok) banyak kisah tersendiri mulai dari cikal bakal padukuhan Sawahan 2 dan banyak cerita rakyatnya dan sampai saat ini walaupun kemarau panjang sumur tersebut tidak pernah kering.

Selain kenduri minta doa kelancaran dan kesejahteraan warga Sawahan 2 acara minggu malam 24/11/2019,memperkenalkan, penemuan-penemuan benda-benda bersejarah yang ada di Padukuhan Sawahan 2, yang mana nantinya akan di taruh di lokasi sumur tua bertujuan mempertahankan benda-benda peninggalan nenek moyang.
Dalam acara nguri-uri Budaya Jawa dihadiri oleh sesepuh Keraton  Ngayojokarto GRM Hertriasning,Kepala Desa Bleberan Supraptono, Babinsa Purnomo, Kepala Dusun Sumarno, Karangtaruna Sawahan2 dan Tokoh-tokoh masyarakat, serta warga masyarakat setempat tua, muda, kumpul jadi satu terlihat keharmonisan dan keakraban nampak jelas dilokasi acara.

Kegiatan berkat kekompakan dari Warga serta Karangtaruna dari rasa Gotongroyong yang masih kuat sehingga budaya adat dan tradisi di lokasi tersebut masih dijaga dan selalu dilestarikan,"kata Supraptono Kepala Desa Bleberan.

"Semoga dengan kegiatan ini kedepanaya apa yang diharapkan warga khususnya desa Bleberan bisa selalu melestarikan Budaya dan menjaga apa yang sudah ditinggalkan para leluhur untuk dilestarikan" terang Tono

Upacara yang dipimpin langsung oleh pemuka adat Hasimuhari diawali doa bersama untuk harapan yang terbaik dan selalu dilancarkan segala aktifitasnya serta selalu dalam lindungan Tuhan YME.

"Serta harapan warga masyarakat Sawahan 2 bisa membantu mengangkat potensi wisata berbudaya yang mana kedpanya akan mendongkrak perekonomian warga sekitar"terang Gusti Aning

Semoga dengan banyaknya penemuan-penemuan benda bersejarah tersebut Desa Bleberan akan semakin dikenal dengan pelestarian benda bersejarah seperti Cagar Budaya Bleberan"imbuhnya.(Galang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here