Pengembangan Pendidikan Karakter Anggota PKS SMP N 2 Wonosari Bersama Polres Gunungkidul - Warta Handayani

Pengembangan Pendidikan Karakter Anggota PKS SMP N 2 Wonosari Bersama Polres Gunungkidul

Share This

Wonosari,(WH) - Selasa (5/10/2019) dibuka secara resmi acara Pengembangan Pendidikan Karakter bagi Anggota PKS (Patroli Keamanan Sekolah) SMP N 2 Wonosari Tahun Pelajaran 2019/2020 diikuti oleh 31 siswa dan dihadiri oleh Polres Gunungkidul, acara ini akan dilaksanakan selama dua hari 5-6 November 2019.

PKS adalah singkatan dari Patroli Keamanan Sekolah jika kita mendengar kata Patroli, tentunya kita teringat tugas-tugas pengawasan daerah sesuai dengan perincian tugas yang dibebankannya, Misalnya Patroli Jalan Raya (PJR) adalah patroli Polisi Lalu Lintas yang tugasnya mengadakan pengawasan keamanan, ketertiban, kelancaran lalu lintas sepanjang jalan tersebut. Begitu pula PKS tidak jauh beda tugasnya dengan PJR tetapi yang membedakannya adalah ruang lingkup tugasnya, PJR bertugas di sepanjang jalan raya sedangkan PKS di lingkungan sekolah serta jalan menuju ke sekolah.

Tugas PKS adalah mengatur lalu lintas di lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah, terutama pada saat menyeberangkan siswa-siswi yang akan menuju ke sekolah maupun yang akan meninggalkan sekolah. PKS juga dapat bertugas di tempat-tempat lain yang sedang melaksanakan kegiatan sekolah, umpamanya pada saat kegiatan Porseni, menyambut perayaan hari-hari besar dan kegiatan lainnya. Walaupun semata-mata PKS bertugas untuk kawan-kawan sesekolahnya, dibenarkan juga kalau mereka melaksanakan tugasnya terhadap pemakai jalan lain, seperti menyeberangkan siswa-siswi dari sekolah lain. Orang lanjut usia atau siapa saja yang ada di tempat itu dan memerlukan pertolongan, bahkan anggota PKS pun bisa membantu tugas para Polisi yang ada di jalan.

Purwanto Kepala Sekolah SMP N 2 Wonosari saat ditemui Warta Handayani menjelaskan bahwa ini adalah kegiatan rutin yang selalu diselenggarakan oleh sekolah untuk mengembangkan pendidikan karakter kepada para siswa .

"Ini tidak hanya sekedar Pengembangan Pendidikan Karakter bagi Anggota PKS (Patroli Keamanan Sekolah) SMP N 2 Wonosari akan tetapi juga membimbing siswa di kegiatan kegiatan positif agar tidak terjerumus ke hal hal yang kurang baik." imbuh Purwanto.(Hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here