Basarnas Gunungkidul Berikan Latian Teknik Pertolongan - Warta Handayani

Basarnas Gunungkidul Berikan Latian Teknik Pertolongan

Share This

SEMANU,(WH) - Selasa pagi (08/10/2019) mensikapai musim yang sebentar lagi musim penghujan "POS Basarnas Gunungkidul " melaksanakan Pelatihan bersama potensi SAR GUNUNGKIDUL yang terdiri dari "Handayani Rescue,SAR MTA, Senkom Mitra Polri dan Rescue Kali Suci" di Dusun pucangsari, Desa Candirejo, Kecamatan Semanu.

Bencana ataupun kecelakaan memiliki sifat Unpredictable atau tidak dapat kita prediksi sebelumnya dimana dapat terjadi dimana saja,kapan saja dan dapat menimpa siapa saja.Maka dari itu "Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " (BASARNAS) GUNUNGKIDUL mengambil sikap untuk sesegera mungkin untuk mensikapi yang akan terjadi pada pergantian cuaca waktu dekat yang mana musim penghujan akan segera tiba.

Dalam pelatihan potensi SAR kali ini akan diberikan materi dan praktek mengenai teknik pertolongan dalam keadaan darurat yang harus segera ditolong. Latihan rutin ini diikuti 25 peserta guna peningkatan kapasitas potensi menghadapi pergantian musim."Dedi Ardian"koordinator Handayani Rescue mengajak semua tim SAR untuk lebih waspada dan siaga yang nantinya semua personil SAR lebih sigap menghadapi dan siap dimusim penghujan.

"Dalam pelatihan tersebut menegaskan bahwa seorang penolong harus memiliki fisik dan stamina yan prima agar dapat melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan khususnya di medan-medan tertentu,kemudian penolong juga harus memiliki mental baja dan memiliki kopetensi berupa pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang pencarian serta pertolongan, Mengingat dimusim penghujan mengenai cuaca tidak bisa ditentukan mulai sekarang kita persiapkan semuanya."terang Dedi.

"Kami berharap bahwa melalui pelatihan ini seluruh potensi SAR memiliki kompetensi dalam bidang pencarian dan pertolongan , juga dapat terlibat langsung dalam pelaksanaan operasi SAR dan mampu mempersingkat response time sehingga dapat meminimalisir korban jiwa dalam pelaksanaan operasi SAR." pungkasnya.(Titik)

1 komentar:

  1. Kami dari HANDAYANI RESCUE. mengucapkan banyak terima kasih kepada rekan2 senior basarnas jogja, atas ilmu dan bimbingannya dari segi pencarian dan peryolongan. Semoga kedepannya kami sebagai HANDAYANI rescue siap selalu sebagai mitra kerja basarnas jogja. Di bidang pencarian dan pertolongan

    BalasHapus

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here