Kirab Pusaka dan Kuras Gentong Kyai Sobo Agenda Rutin Satu Suro - Warta Handayani

Kirab Pusaka dan Kuras Gentong Kyai Sobo Agenda Rutin Satu Suro

Share This


NGLIPAR,(WH)- Kirab pusaka dan kuras gentong Kyai Sobo di Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul adalah kegiatan rutin yang digelar setiap pergantian tahun baru Islam 1 Muharram atau 1 Suro dalam kalender Jawa yang jatuh pada hari Minggu,(02/09/2019) .

Kirab pusaka dan kuras gentong Kyai Sobo merupakan bagian dari kegiatan Festival Tosan Aji Nusantara. Empat yang pusaka dikirab antara lain Tombak Koro Welang, Tombak Kyai Umbul Katon, Payung Agung dan Cemeti Pamuk. Prosesi kirab dimulai dari Rumah Budaya Desa Pengkol, dimana empat pusaka beserta sesaji dibawa oleh Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarto, diiringi Bregodo Lombok Abang menuju makam Ki Ageng Damar Jati.


Dalam rangkaian acara berlangsung sejumlah kesenian tradisional seperti gejog lesung, jathilan, serta atraksi silat . Nampak hadir sejumlah pejabat hadir mengikuti prosesi adat ini Diantaranya Wakil Bupati Kabupaten Gunungkidul, Immawan Wahyudi, Kepala Dinas Kebudayaan Agus Kamtono dan Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul Endah Subekti.

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi sangat mengapresiasi kegiatan ini, hal ini karena kegiatan tersebut merupakah wujud pelestarian budaya yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

"Kegiatan seperti ini harus tetap dijaga kelestariannya ditengah gempuran budaya budaya luar dan modernisasi zaman,"imbuh Immawan.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Agus Kamtono yang hadir dalam kegiatan tersebut berharap kegiatan ini kan lebih baik kedepannya dan juga mampu menarik daya tarik sendiri sehingga masyarakat mau ikut menjaga warisan leluhur seperti ini.

"Kami juga siap mensupport kelompok dan masyarakat demi lestarinya kegiatan ini, karena kita juga bisa mengakses Dana Keistimewaan, oleh sebab itu setiap banner yang digunakan kami meminta untuk dituliskan bahwa dana tersebut menggunakan Dana Keistimewaan,"pungkas Agus Kamtono.(Hari/Neli)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here