Menikmati Senja di Gunungkidul Zona Utara - Warta Handayani

Menikmati Senja di Gunungkidul Zona Utara

Share This

SEMIN,(WH) – Watu Payung Semin merupakan daya tarik wisata alam berupa perbukitan di perbatasan antara kabupaten Gunungkidul dengan kabupaten Sukoharjo. Keberadaannya telah dikembangkan menjadi kawasan wisata meskipun kondisinya saat ini terbengkalai dan tidak terawat. Sulitnya akses jalan, minimnya fasilitas, dan kurangnya promosi wisata menjadi penyebab tempat ini kurang dikenal dan jarang dikunjungi. Bukit Watu Payung Semin (Batu Payung) terletak di dusun Ngentak, desa Candirejo, kecamatan Semin, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.
Lokasi Bukit Watu Payung Semin masih satu kawasan dengan Telaga Biru yang dulu sempat ramai. Dari percabangan jalan terakhir sebelum Telaga Biru, pilihlah jalan lurus dan menanjak menuju ke Bukit Watu Payung. Kondisi jalan sekarang telah mulus. Kendaraan dapat diparkir di halaman parkir vihara kecil yang ada di samping jalan setapak menuju puncak bukit.
Penggunaan nama Watu Payung atau Batu Payung cukup sering digunakan pada kawasan yang memiliki bebatuan yang mirip seperti payung. Beberapa daerah lain di Gunungkidul juga menggunakan nama watu payung sebagai nama obyek wisatanya seperti Watu Payung Turunan Panggang. Untuk kawasan Watu Payung Semin sendiri, bentuk bebatuan seperti payung tidak terlihat karena tertutup oleh rerimbunan ranting pohon yang tumbuh lebat.(Hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here