Desa Wisata Klayar dengan Keindahannya - Warta Handayani

Desa Wisata Klayar dengan Keindahannya

Share This

NGLIPAR, (WH) – Desa Wisata Klayar merupakan daya tarik wisata pedesaan berbasis alam di daerah Nglipar Gunungkidul. Nama obyek wisata ini sama seperti obyek wisata pantai yang terkenal di kabupaten Pacitan Jawa Timur yakni Pantai Klayar. Kesamaan nama hanyalah kebetulan dan tidak disengaja karena penggunaan nama Klayar dari nama dusun letak desa wisata tersebut berdiri.
Desa Wisata Klayar  terletak di Padukuhan Klayar, Desa Kedungpoh, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Koordinat GPS S7°53’36.4″ E110°39’26.7″ lihat peta google maps. dengan potensi alam perbukitan hutan kayu putih, bendungan Kedung Lumbu, dan aliran sungai oya. Wisata satu ini cukup digandrungi oleh semua kalangan baik keluarga, anak muda, orang dewasa tidak bisa dipungkiri wisata ini mempunyai magnet tersendiri untuk para pengunjung.
Daya tarik utama yang dikembangkan adalah kawasan perbukitan hutan kayu putih, bendungan Kedung Lumbu, dan aliran sungai Oyo/Oya. Perahu karet yang disediakan berkapasitas 6-8 orang dan perahu kayu yang disediakan berkapasitas 15-20 orang. disediakan juga perahu kayuh, dan juga perahu kano.  Wisata jelajah sungai ini memiliki konsep yang hampir sama dengan konsep wisata jelajah sungai di kabupaten Pacitan Jawa Timur yaitu wisata jelajah Sungai Maron. Bedanya di obyek wisata ini, pengunjung diajak menyusuri aliran hulu sungai bukan ke arah muara seperti di Sungai Maron.
Daya tarik lain di Desa Wisata Klayar selain berkeliling aliran sungai dengan perahu adalah bermain kano dan ban karet. Persewaan kano dan ban karet terletak di samping loket masuk desa wisata. Pengunjung bebas berkeliling aliran sungai menggunakan kano dan ban karet tanpa dibatasi waktu. Pengelola selalu melakukan pengawasan pada pengunjung yang menggunakan fasilitas ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pengelola juga mengembangkan daya tarik atraksi sungai dengan river tubbing Sungai Oyo dimana alirannya melewati Desa Wisata Klayar. Diharapkan atraksi sungai ini mampu menarik minat pengunjung untuk mencobanya sama seperti jelajah Sungai Oyo di obyek wisata Goa Pindul.
Pengunjung yang memasuki kawasan Desa Wisata Klayar langsung mendapat pilihan apakah akan berkeliling sungai Kedung Lembu atau berkeliling area taman. Bila tertarik menyusuri aliran sungai, tiket perahu dapat dibeli di loket masuk. Pengunjung yang memilih berkeliling area taman lansung disambut rerimbunan pohon semak di pintu masuk. Selanjutnya pengunjung akan dibawa menysuuri jalan setapak dengan alas batu yang tersusun rapi. Area taman yang dibangun di kawasan ini bisa dibilang sempit dan hanya memanjang sekitar 200 meter di tepi aliran sungai. Pada bagian tengah taman dibangun area stone park atau taman batu buatan yang dikemas cukup menarik. Pada sekelilingnya dibangun beberapa buah gasebo untuk persitirahatan dan spot untuk berfoto selfie. Pada bagian ujung taman terdapat bangunan joglo yang digunakan untuk aula, area oubound, dan area berkemah.


Semakin hari Desa Wisata Klayar semakin bebenah dengan menambah spot foto dan taman taman bunga yang cukup bagus dan menarik bagi wisatawan. Untuk yang mau makan bareng , atau reuni juga disediakan tempat seperti joglo dan rumah rumah untuk menjaga kenyamanan anda , untuk info lebih detail bisa kunjungi website resminya di www.desawisataklayar.com atau Instagram Official di @visit_klayar_gunungkidul (Hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here