Pertunjukan Wayang Kulit Ki. Dhalang Satria Restu Ramadhan di Paceklik Culture Festival Memberikan Ruang Ekspresi Anak Muda


Ki. Dhalang Satria Restu Ramadhan ia seorang anak muda yang penuh semangat dalam mencari ilmu tentang Pedalangan. Kita harus mencotoh seorang Dhalang muda yang bernama satria, yang harus kita apresiasi ialah dalam mencari ilmu pedalangan. Meskipun saat ini sedang menempuh pendidikan di Institut Seni Indonesia Yogyakarta jurusan pedalangan, tapi satria masih tetap belajar di tengah masyarakat tentang pedalangan. Bagi satria pun membenarkan bahwa kita belajar harus seimbang antara akademisi dan non akademisi, sebagaimana di setiap unsur mempunyai kekurangan dan kelebihannya, jadi harus belajar di masyarakat dan belajar di sekolah, tujuannya supaya ilmu kita diterima di masyarakat.


Dhalang muda Satria saat ini aktif di komunitas karawitan Laras Gendoro yang di dirikan oleh anak muda, dengan semangat anak muda ini karawitan laras Gendoro mempunyai paket kumplit ia bisa mempertunjukan wayang kulit.

Pertunjukan wayang kulit Ki. Dhalang Satria Restu Ramadhan ini, bagi saya mempunyai potensi bagus, ditimbang dalang muda yang lain. Dimana Satri ini tidak mempunyai karakter yang sama dengan dalang yang seniornya. Dimana satria ingin memberikan identitaskan dirinya,  tanpa mengkiblat pada dalang terkenal. Seperti Ki. Seno saat ini banyak anak muda yang berkiblat pada beliau. Hampir anak muda saat ini mengkiblat dalang Ki Seno sehinggar terkenal. Tetapi berbeda dengan Satri ia malahan menjadi  dirinya. Dengan pembawaan dan keahlian berwayang, Ki. Satria ramai menghibur masyarakat Grogol.

Posting Komentar

0 Komentar