Komunitas Sekar Nyentrik Menggelar Karya Sendratari Srandul Pedang Kamkam Pamor Kecana


7 Oktober 2023 komunitas sekar nyentrik menggelar karya sendratari di kalurahan Grogol, Paliyan, Gunungkidul. Adanya pertunjukan ini bagi kami menarik untuk di ungkapkan dalam media online. Yang menarik di pagelaran ini ia kegiatannya berakar pada gotong royong masyarakat, tidak hanya memikirkan seni pertunjukan saja akan tetapi pendukung budaya di pikirkan untuk kerjasama.

Sendratari pedang kamkam pamor kencana salah satu karya sekar nyentrik yang di pentaskan di Grogol, bagi saya pengalaman masyarakat Grogol terhadap seni Srandul mungki pertama kalinya mereka melihat kesenian Srandul, sebagaimana penonton banyak yang penasaran dan bahkan dalam pertunjukan ini penonton membludak dan penasaran terhadap kesenian Srandul.

Dari awal pertunjukan sampai akhir penonton ramai untuk menyaksikan pertunjukan Srandul ini. Yang menariknya ia dalam kesenian ini banyak interaksi antara seniman srandul dan masyarakat secara langsung. Hal ini bisa melihat respon penonton terhadap Srandul  mulai tertarik dan menarik.

Komunitas Sekar Nyentrik yang kami kenal hanya komunitas biasa saja yang jarang terekspose oleh media online bahkan oleh pemerintah daerah. Bahkan bagi kami  belum pernah melihat dalam agenda-agenda besar pemerintah sekar nyentrik terlibat. Ternyata adanya pertunjukan Srandul ini, Sekar Nyentrik membuktikan kemandirian berkarya dengan rutin mengadakan kegiatan-kegiatan budaya di masyarakat tentunya ada program ini sekar nyentrik banyak membuka kerjasama kepada semua pihak lembaga. Seperti Kaluharan Grogol, Padukuhan Gerjo dan BPK Wilayah X.  

 

Posting Komentar

0 Komentar