Kehadiran Terminal Tipe A Dhaksinarga Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Gunungkidul


 Wonosari (wartahandayani.com)_Kehadiran Terminal Tipe A Dhaksinarga di Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, membuat pelayanan angkutan darat di daerah itu semakin baik dan kebutuhan masyarakat terhadap transportasi darat pun dapat terakomodir.
Terminal ini merupakan terminal induk terbesar di Gunungkidul dan memiliki fasilitas lengkap, di antaranya adalah ruang tunggu penumpang, jalur keberangkatan kendaraan dan jalur kedatangan kendaraan baik untuk AKAP maupun AKDP.

Terminal Tipe A Dhaksinarga Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Gunungkidul karena di lantai dua juga di jadikan Mall Pelayanan Publik(MPP) Kabupaten Gunungkidul.
Aris Farwanto Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Terminal Tipe A Dhaksinarga menjelaskan terminal ini tak hanya sekedar menjadi pangkalan kendaraan bermotor umum yang digunakan untuk mengatur kedatangan dan keberangkatan, menaikkan dan menurunkan orang atau barang serta perpindahan angkutan umum saja, tetapi juga menjadi salah satu pusat perputaran ekonomi daerah, karena di terminal ini juga terdapat 59 kios dan masuk PNBP sebanyak 40, los terbuka sebanyak 12 dan proses PNBP sebanyak empat los,
“Terminal Tipe A Dhaksinarga juga merupakan sarana prasarana untuk mendukung kunjungan wisatawan ke Gunungkidul. Selain itu, di terminal juga banyak pedagang-pedagang yang menjajakan makanan atau minuman bahkan souvenir khas daerah sebagai oleh-oleh. Dengan demikian, terminal juga menjadi tempat perputaran ekonomi,” jelasnya Aris,sabtu(06/05/2023).

Sebagai salah satu destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan, tentu akses menuju Gunungkidul menjadi prioritas. Tak hanya itu, mobilitas orang dan barang di daerah itu pun menjadi lebih mudah karena tersedianya moda transportasi darat yang memadai dan banyak pilihan dengan fasilitas Terminal Tipe A Dhaksinarga yang lengkap juga bersih.

Lebih lanjut Aris menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan transportasi umum melalui jalur darat di Kabupaten Gunungkidul, sebanyak 120 armada di Terminal Tipe A Dhaksinarga siap melayani masyarakat Kabupaten Gunungkidul dan masyarakat luas lainnya, yaitu bis AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dengan rute Gunungkidul – Jakarta sebanyak 30 bis, Gunungkidul – Tangerang yang dilayani dengan 20 bis, Gunungkidul – Merak sebanyak 25 bis, Gunungkidul – Bandung sebanyak bis dan delapan bis rute Gunungkidul – Pacitan, Jawa Timur. Sementara untuk AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi), melayani Terminal Giwangan – Terminal Dhaksinarga.

“Terminal ini cukup padat dan sibuk. Untuk, pengecekan rutin pun dilakukan untuk memastikan pelayanan di terminal berjalan baik, bis-bis yang beroperasi juga dalam kondisi yang baik dan untuk mengetahui hal tersebut, kami melakukan ramp check,” terangnya.

Dengan kehadiran Teminal Tipe A Dhaksinarga di daerah ini diharapkan menjadi embrio pertumbuhan ekonomi daerah khususnya masyarakat Gunungkidul.


Bowo/red

Posting Komentar

0 Komentar