Awal Tahun , Pemerintah Desa Sawahan Bangun Sinergitas Kemitraan Bersama BPD Desa - WARTA HANDAYANI

WARTA HANDAYANI

AKURAT-MENGINSPIRASI-BERBUDAYA

Iklan

Silahkan Pasang Iklan Disini

Kamis, 02 Januari 2020

Awal Tahun , Pemerintah Desa Sawahan Bangun Sinergitas Kemitraan Bersama BPD Desa

PONJONG,(WH) - Kamis (02/01/2019) Bertempat di Balai Desa Sawahan , Kecamatan Ponjong Pemerintah Desa gelar Kemitraan Pemerintah Desa bersama Lembaga BPD. Dalam kegiatan di awal tahun ini dihadiri oleh Pemerintah Desa dan juga seluruh keanggotaan BPD Desa Sawahan dalam rangka sinergitas antara Pemerintah Desa Sawahan dan BPD.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam sistem pemerintahan desa sekarang ini menempati posisi yang sangat penting. Tapi sebenarnya, apa saja tugas para anggota BPD yang terhormat itu sehingga menjadi begitu penting bagi warga desa? Inilah penjabaran dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No 110 Tahun 2016 tetang Badan Permusyawaratan Desa.

Fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa. Dari tiga tugas ini sudah jelas BPD adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa.

BPD juga memiliki kekuatan untuk menyampaikan aspirasi warga. Penyampaian aspirasi dilakukan melalui beberapa tahap kerja yakni BPD harus melakukan penggalian aspirasi masyarakat, menampung aspirasi masyarakat yang disampaikan ke BPD dan mengelola aspirasi masyarakat sebagai sebuah energi positif dalam merumuskan langkah kebijakan desa.

BPD juga menyalurkan aspirasi dari warga desa pada Kepala desa yang kemudian dijadikan pedoman oleh kepala desa beserta jajarannya dalam melaksanakan program pembangunan desanya. Hebatnya, BPD juga sekaligus memiliki kekuatan untuk mengawasi proses pembangunan desa dalam seluruh aspek. Ini menunjukkan betapa kuatnya BDP dalam ranah politik dan sosial desa.

Suprapto Lurah Desa Sawahan berharap dengan koordinasi ini kedepannya di Tahun 2020 antara Pemerintah Desa dan BPD mampu bersinergi dan saling membangun untuk kemajuan Desa Sawahan kedepannya.(02/01)

"Ini baru awal , masih panjang perjalanan kita dalam membangun Desa , harus bisa saling menopang , bersinergi dan membackup dari berbagai lini salah satunya adalah BPD."pungkasnya. (Hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Pages