Demi Terjaganya Kesenian Lokal Dinas Pariwisata DIY Menggelar Pentas Seni Gelar Budaya - Warta Handayani

Demi Terjaganya Kesenian Lokal Dinas Pariwisata DIY Menggelar Pentas Seni Gelar Budaya

Share This
PURWOSARI, (WH) -  Jum'at siang 29/11/2019 Demi lestarinya kesenian lokal yang masih pakem (asli) belum ada kresi dengan musik modern Dinas Pariwisata DIY menggelar Pentas Seni Gelar Budaya di Padukuhan Tlogowarak Desa Giripurwo Kecamatan PurwosariPurwosari.

Dalam acara Pentas Seni Gelar Budaya, dihadiri oleh Dinas Pariwisata DIY yang diwakili staf (putri), Camat Purwosari Purwono, S.IP beserta jajaranya, DPRD (Ery Agustin), Dewan Kebudayaan Kecamatan (Wasiyo), Kepala Desa Giripurwo (Supriyadi) beserta jajaranya, serta tokoh-tokoh msyarakat setempat.

Kegiatan yang dimulai sejak siang pukul 13:00 wib menampilkan reog lokal, serta thek-thek dilanjutkan kesenian ketoprak Tri Mudho Budoyo dengan cerita Carios Sriuning Irah Irahan Gonjang, semua pemain berasal dari warga masyarakat dusun Tlogowarak.

Dalam isi sambutanya Purwono, S.IP Camat Purwosari semoga dengan acara ini kesenian-kesenian lokal masih selalu terjaga dan dilestarikan.

"Kalau bukan mulai dari anak muda siapa lagi yang akan melanjutkan dan melestarikan kesenian yang masih asli ini." terang Purwono.

Budaya kesenian kita luar biasa yang benar-benar harus dilestarikan dan harus kita gali lagi yang kedepanya akan mendogkrak potensi kesenian lokal yang ada di Kecamatan purwosari dan Desa Giripurwo khusunya."imbuhnya.

Kesempatan malam hari ini dalam isi sambutanya Kepala Desa Giripurwo Supriyadi berharap kemajuan anak-anak muda tidaklah hanya bergantung pada kesenian modern tetapi harus melestarikan kesenian lokal yang masih ada.

"Terimakasih unntuk warga Dusun Tlogowarak khususnya karena kesenian-kesenian yang hampir dilupakan ternyata masih banyak yang mekesyarikannya, harapan kedepanya kalangan muda milenial akan tetap menjaga dan melestarikannya."terang Supriyadi.

Ratusan penonton mulai dari siang memadati lokasi pentas, antusias warga luar biasa ikut memeriahkan dan memberikan suport untuk memajukan kesenian-kesenian lokal yang ada."pungkasnya.(Neli)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here