Awali Pagi Hari Dengan Sehat


Banyaknya jenis penyakit yang ada, mendorong masyarakat untuk mulai hidup sehat. Berbagai hal bisa dilakukan seperti olahraga secara rutin serta menjaga pola makan. World Health Organization (WHO) merayakan Hari Kesehatan Dunia setiap tanggal 7 April. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah kesehatan yang ada di dunia.

Nah, mumpung ingat tentang Hari Kesehatan Dunia, kamu pastinya juga mau sehat terus, dong, supaya bisa tetap jalan-jalan? Kamu bisa mulai gaya hidup sehat dari hal-hal kecil, seperti 7 kebiasaan sehat di pagi hari berikut ini!

1. MINUM AIR PUTIH

Saat bangun tidur, pastinya kamu akan merasa haus karena tubuh tidak mengonsumsi air semalaman. Pulihkan tubuh yang dehidrasi dengan minum air putih di pagi hari yang juga dapat mengembalikan metabolisme tubuh. Saat liburan, biasakan juga untuk selalu menyediakan air putih di kamar hotel. Bangun tidur, bisa langsung minum, deh.

Oh ya, kamu bisa tahu apakah tubuh kamu dehidrasi atau tidak dari warna urin. Jangan sampai urin kamu berwarna kuning gelap. Tubuh dengan tingkat hidrasi yang baik memiliki urin yang berwarna putih bening.

2. OLAHRAGA

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, olahraga punya manfaat yang menyehatkan. Kalau kamu olahraga di pagi hari, kamu bisa punya dorongan energi untuk beraktivitas. Nggak perlu olahraga yang berat-berat, kamu bisa jogging atau sekadar stretching untuk melemaskan otot-otot. Kalau dilakukan secara rutin, tubuh kamu akan lebih imun dari serangan penyakit. Jadi bisa selalu fit buat liburan deh!

3. BANGUN SEPAGI MUNGKIN

Buat kamu yang morning person, beruntunglah karena bangun pagi setidaknya jam 6 lebih menyehatkan daripada bangun lebih siang. Kamu bisa jalan-jalan menghirup udara di pagi hari yang belum tercemar polusi. Bangun lebih pagi juga berarti kamu akan punya lebih banyak waktu untuk melakukan hal yang produktif.

4. MEMBACA BUKU

Baca buku di pagi hari punya beragam manfaat, lho. Seperti meredakan stress dan sebagai ‘pemanasan’ untuk otak sebelum memulai hari. Apalagi kalau kamu baca buku yang bermanfaat, bisa sekaligus menambah wawasan. Makanya, jangan lupa tambahkan buku favoritmu di packing list kamu, ya!

5. KONSUMSI SARAPAN BERGIZI

Makanan yang kamu konsumsi saat sarapan bisa menentukan energi yang dimiliki oleh tubuh. Karena itu, waktu sarapan jadi waktu makan yang paling penting dalam satu hari. Pilihlah sarapan dengan bahan-bahan yang alami, seperti salad, buah-buahan, atau bubur oat. So,bangun tidur jangan langsung jalan-jalan, bisa sarapan dulu di hotel.

6. MENDENGARKAN MUSIK

Mendengarkan musik dapat menyegarkan otak kamu, lho. Kamu bisa pasang lagu yang upbeat atau lagu favorit kamu biar bisa memulai hari dengan semangat. Jangan lupa untuk selalu berpikir positif saat memulai harimu.

7. MENULIS JURNAL

Siapa sangka kalau menulis jurnal bisa jadi hal yang menyehatkan? Yup,dengan menulis jurnal di pagi hari kamu bisa jadi lebih kreatif. Di dalam jurnal kamu juga bisa menulis apa saja yang mau kamu lakukan di hari itu. Tulis juga tempat-tempat wisata yang mau kamu kunjungi supaya nggak ada yang kelewatan. Dengan punya jurnal, kegiatan kamu bisa lebih teratur dan kamu bisa jadi pribadi yang disiplin

Semoga bermanfaat

Posting Komentar

0 Komentar