Thoklik Kesenian Rakyat Gunungkidul - Warta Handayani

Thoklik Kesenian Rakyat Gunungkidul

Share This


PONJONG,(WH)- Kesenian Thoklik merupakan kesenian rakyat yang terdapat di kabupaten Gunungkidul. Keberadaan kesenian Toklik saat ini menjadi sejajar dengan kesenian lainnya. kesenian satu ini sering dilombakan baik antar Rt, Dusun, maupun antar Desa. 

Alat ini dimainkan dengan cara dipukul seperti halnya kentongan pada umumnya. Terdapat berbagai macam ukuran kentongan mulai dari kecil sampai ukuran yang besar, dari situlah terdapat keselarasan bunyi yang terbagi menjadi beberapa faktor pembeda suara yang dihasilkan dari kentongan-kentongan tersebut. Kentongan yang terbuat dari bambu tersebut, dari besar kecilnya ukuran lubang kentongan dapat dihasilkan baik suara nada yang tinggi maupun rendah.

Bertempat di pos ronda Dusun Sendang 2, Desa Sawahan, Jum'at(9/8/2019) Warga berlatih thoklik & berkeliling lingkungan sendang 2,  untuk menciptakan lingkungan aman & nyaman. 

Bersama Dukuh Sendang 2 Supardi menguraikan bahwa Thoklik mempunyai fungsi diantaranya sebagai hiburan, disamping itu terdapat fungsi lainnya seperti sebagai media atau sarana pengamanan kampung, dan sebagai media komunikasi antar warga.

"Kami berharap thoklik bisa di lestarikan,ini kegiatan positif  dan wargapun sangat antusias serta memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,"pungkas Supardi. (Hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here