Human Initiative DIY Distribusikan 180.000 liter Air Untuk Warga yang Kesulitan Air Bersih di Gunungkidul - Warta Handayani

Human Initiative DIY Distribusikan 180.000 liter Air Untuk Warga yang Kesulitan Air Bersih di Gunungkidul

Share This

GUNUNGKIDUL,(WH) - Sebanyak 10 kecamatan di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mulai dilanda kekeringan cukup parah. Akibatnya, masyarakat berpotensi kesulitan mendapatkan air bersih pada musim kemarau ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Edi Basuki di Gunung Kidul, mengatakan berdasarkan rapat koordinasi antara pemangku kepentingan dan pemerintah kecamataan, ada 10 kecamatan mulai terdampak kekeringan yaitu Kecamatan Girisubo, Rongkop, Purwosari, Tepus, Ngawen, Ponjong, Semin, Patuk, Semanu, dan Paliyan.

"Kami memiliki banyak kecamatan-kecamatan yang menjadi langganan krisis air. Selain Girisubo, ada juga Tepus, Rongkop, Panggang, Purwosari, Patuk, hingga wilayah Semin," kata  Edi Basuki.

Di sisi lain, wilayah-wilayah yang sulit dijangkau juga menjadi perhatian. Daerah seperti Gedangsari membutuhkan sopir dan kendaraan yang prima. Di wilayah lain yang sulit dijangkau, pihaknya juga akan bekerja sama dengan kecamatan setempat.

"Ada wilayah tertentu yang memang harus 'driver' dan kondisi kendaraannya harus bagus. Wilayah-wilayah yang Gedangsari dari sisi lokasinya membutuhkan sopir dan kendaraan yang harus lebih bagus. Itu yang kita prioritaskan," imbuh Edi Basuki.


Subhanudin Kepala Cabang PKPU Human Initiative Cabang Yogyakarta menjelaskan bahwa dari hasil assesment tim relawan Human Initiative DIY di Gunungkiduldi Kecamatan Rongkop juga ditemukan ada beberapa Desa yang mulai kesulitan air bersih. Kekeringan sudah mulai sejak awal ramadhan. Human Initiative DIY ditahap pertama mendistribusikan 180.000 liter air untuk warga yang mengalami kesulitan air bersih di Gunungkidul.


"Distribusi air bersih ini merupakan bagian dari kepedulian Human Initiative untuk mengatasi kesulitan air bersih. Saat ini sebanyak 10 Kecamatan di Kabupaten Gunungkidul yang mengalami kesulitan air bersih."ungkap Subhanudin.(17/07/2019)

"Droping air atau distribusi air bersih ini merupakan salah satu program Berbagi Air Human Initiative DIY. Selain droping air Human Initiative juga sudah membangun sistem air bersih sebanyak 15 titik di Kabupaten Gunungkidul. Sistem air merupakan salah satu program untuk mengatasi kekeringan yabg lebih berkesinambungan. Sedangkan untuk jangka pendek Human Initiative melakukan droping air."pungkasnya.(Hari)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here