Pesona Cantik Gardu Pandang Mangol Kencana - Warta Handayani

Pesona Cantik Gardu Pandang Mangol Kencana

Share This
PATUK,(WH) - Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu Kabupaten dengan pilihan tempat wisata yang cukup banyak, mulai dari gunung, air terjun, pantai dan masih banyak spot spot wisata yang cukup menarik dikunjungi, salah satunya adalah Wisata Gardu Pandang Mangol Kencana berlokasi di padukuhan Gluntung dan Sumbertetes Desa Patuk Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul.

Mangol Kencana berada di bukit atau dataran tinggi dimana dari tempat ini dapat melihat panorama atau pemandangan alam luas di sekitarnya atau kawsan yang berada di bawahnya. Bahkan jika cuaca cerah dapat menikmati pemandangan berlatar Gunung Merapi dan Merbabu dari kejauhan.
Lokasi Gardu Pandang Mangol Kencana juga dapat digunakan sebagai tempat melihat dan menikmati sunrise matahari tebit di pagi hari serta sunset di sorenya, Sedangkan jika malam hari dapat menikmati kerlap kerlip cahaya lampu kawasan di sekitarnya seperti halnya Bukit Bintang. Letak Gardu Pandang Mangol Kencana bahkan lebih tinggi dibanding Bukit Bintang atau yang dulu dikenal dengan sebutan Bukit Hargodumilah.

Nama Mangol Kencana berasal dari keberadaan Watu Mangol di tempat ini yang berarti batu yang menonjol (muncul) ke atas dari batu lainnya. Juga terdapat Watu Kandang karena tempat ini dulu dimanfaatkan sebagai kandang lembu. Kemudian muncul nama Mangol Kencana yang diartikan dari tempat yang awalnya terdapat sebuah batu yang menonjol diharapkan menjadi tambang “emas” atau kencana bagi pendapatan dan perekonomian warga sekitar setelah dikelola menjadi tempat wisata yang berkembang.

Kayadi Ketua Pokdarwis Mangol Kencana menceritakan bahwa Wisata tersebut sudah dirintia sejak tahun 2015 lalu. Untuk masuk ke kawasan wisata saat ini gratis alias tidak dipungut biaya walapun dulu pernah ada kotak sukarela yang dipasang. Minggu (16/06/2019)

"Saat ini kita berfokus kepada penataan , konsep dan perawatan untuk Wisata Mangol Kencana sendiri dan semoga kedepan semua pihak terkait bersama Pokdarwis Mangol Kencana mampu saling bersinergi dan mampu memajukan wisata ini dan bisa menjadi pilihan tempat untuk para wisatawan kedepannya."pungkas Kayadi.(Hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here