Ngalap Barokah Nyadran Gunung Genthong Gedangsari - Warta Handayani

Ngalap Barokah Nyadran Gunung Genthong Gedangsari

Share This

GEDANGSARI,(WH)- Selasa kliwon (30/04/2019), Acara Nyadran Gunung Gentong bertempat di Dusun Manggung Desa Ngalang Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul, Acara adat ini selalu ada setiap tahunnya.

Nyadran Gunung Genthong juga dihadiri oleh Dinas Kebudayaan DIY, Dinas Kebudayaan Gunungkidul,Dinas Pariwisata Gunungkidul, Kepala Desa Ngalang beserta perangkat Desa Ngalang dan juga disengkuyung oleh Masyarakat setempat khususnya Dusun Manggung.

Acara Nyadran Gunung Gentong ini adalah rentetan acara sebelum diadakannya Bersih Desa desa ngalang atau biasa disebut dengan Rasulan Gubuk Gedhe. Nyadran sendiri dimaknai dengan rasa syukur masyarakat kelurahan ngalang atas nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, panen yang melipah dan biasanya setelah acara nyadran ini selesai masyarakat meyakini akan turunnya hujan.

Dalam Acara Nyadran Gunung Gentong diadakan upacara adat dan ditutup dengan Kenduri yang diikuti oleh masyarakat yang berada ditempat itu, dalam acara kenduri ini didalamnya makanan yaitu Sego Gurih (Nasi uduk),Ingkung (Ayam jawa), Srondeng ( parutan kelapa yang digoreng), beserta lalapan dan juga sambel sego gurih.

Makanan yang sudah didoakan lalu dibagikan kepada warga masyarakat yang berada ditempat tersebut.moment seperti ini yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat yang berhamburan datang,tujuannya untuk Ngalap Berkah Nyadran,tutur karsinem disela-sela langkahnya menuju Gunung gentong.( Whyoe )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here