Kicikan Sapi Khas Gunungkidul - Warta Handayani

Kicikan Sapi Khas Gunungkidul

Share This

KARANGMOJO,(WH) - Kicikan adalah hidangan yang bahan utamanya adalah daging. Bisa daging kambing atau sapi, tapi kebanyakan yang dijual adalah kicikan sapi. Kemudian ada juga tambahan lain dari sisa-sisa bagian hewan yang dipotong seperti paru, kulit, hingga babat. Semua bahan diolah dengan bumbu khas Gunungkidul sehingga tercipta rasa yang lezat.

Dinamakan begitu karena salah satu rahasia kelezatannya adalah daun kicik yang digunakan sebagai bumbu. Rasa gurih dan manis tetap dominan, tapi tidak bikin bosan. Sensasinya akan semakin nikmat jika disantap dengan nasi tiwul atau nasi liwet jangan lupa sambel bawangnya.

Saat ini, menemukan kicikan itu tidak mudah karena penjualnya sedikit. Jika ingin mencoba, kamu bisa datang ke pasar-pasar tradisional di Gunungkidul. Biasanya satu porsi seharga Rp5.000 dibungkus dengan daun jati. Murah, enak dan tentu saja bikin kenyang.

Tidak semua pasar di Gunungkidul memiliki penjual Kicikan. Hanya ada beberapa tempat yang menjualnya. Itupun tidak setiap hari karena pasar buka di waktu tertentu menurut penanggalan jawa. Contohnya Pasar Wage, Wonotoro dan Pasar Pahing Di Karangmojo. Datanglah sepagi mungkin, karena menjelang siang biasanya sudah habis.(Hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here