Wakil Bupati Gunungkidul Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

Gunungkidul ( Wartahandayani.com )_Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto, memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 dengan membacakan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Yudian Wahyudi. Dalam upacara yang penuh khidmat ini, tema yang diusung adalah "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". 

Dalam sambutannya, Heri Susanto menegaskan pentingnya momen ini sebagai pengingat sejarah ketika Bung Karno memperkenalkan Pancasila pada tahun 1945 di hadapan sidang BPUPKI. Tema tahun ini, menurutnya, mengandung makna mendalam bahwa Pancasila menjadi pemersatu bangsa yang kaya akan keberagaman suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat. 

"Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya menjadi bintang pemandu kehidupan bangsa kita, memastikan kita tetap berada di jalur yang telah dicita-citakan oleh para pendiri negara. Keberadaan Pancasila adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia," ujar Heri Susanto dalam uoacara yang digelar di Stadion Gelora Handayani, Wonosari, Sabtu (1/6/2024). 

Dia juga menekankan bahwa Pancasila mengajarkan inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada harus dirajut dalam identitas nasional, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Pada kesempatan yang bersejarah ini, ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

"Pancasila telah terbukti mempersatukan kita dalam menghadapi berbagai tantangan sejarah. Sebagai bintang penuntun, Pancasila membawa Indonesia menuju gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi saat ini," lanjut Heri Susanto. 

Dia juga menyoroti tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia di tengah pesatnya kemajuan teknologi informasi. Menurutnya, Pancasila harus menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Heri Susanto mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan teknologi dan media sosial secara bijaksana dengan menyebarkan konten-konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. 

"Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Keberhasilan kita menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik di tengah krisis global merupakan bukti nyata kontribusi gotong royong seluruh anak bangsa dengan Pancasila sebagai pondasi dasarnya," tegasnya. 

Mengakhiri sambutannya, Heri Susanto mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Ia berharap peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat seluruh rakyat Indonesia. 

"Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia. Selamat Hari Lahir Pancasila," tutupnya. 

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 diiikuti seluruh kepala OPD, Perwakilan Pegawai di lingkungan Pemkab Gunungkidul  Jajaran Kepolisian Resort, Jajaran Kodim 0730, Organisasi Kemasyarakatan, Pelajar dan Pramuka.

Red ( Haris ) 

Posting Komentar

0 Komentar