Gerakan Pengendalian OPT Padi Dan Pembuatan Biosaka Di Padukuhan Gandu di Hadiri Wakil Bupati Gunungkidul


 


Rongkop (Wartahandayani. com) _Gerakan pengendalian OPT padi dan pembuatan pupuk organik Biosaka di kelompok tani Mawar Sari, padukuhan Gandu, Semugih, Rongkop, Gunungkidul, di hadiri wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto S. kom., M. Si, Rabu (28/12/2022).


Wakil Bupati Heri Susanto juga menyaksikan pembuatan pupuk biosaka yang dipimpin seorang Petugas POPT Ponjong pak Sarno, selain itu Wakil Bupati juga menyempatkan diri ikut nyemprot hama padi di bulak Dlingseng Padukuhan Gandu.



Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto S.Kom.,M. Si, menyampaikan kepada para petani juga warga masyarakat kami sangat mengapresiasi pada petani yang sampai saat ini masih tetap menanam. Selama ini pupuk kimia seakan menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Dengan pelatihan pembuatan pupuk organik biosaka bagi petani, selain menjadi kearifan lokal , harapanya menjadi solusi yang bisa menekan kebutuhan dasar pengolahan lahan untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian,


"dengan pelatihan pembuatan pupuk ini menjadi solusi untuk meningkatkan hasil prduktifitas hasil pertanian dalam memenuhi kebutuhan pangan," ungkapnya Wakil Bupati Gunungkidul. 



Ia juga menyampaikan terkait adanya jenis belalang pelus yang selama ini hanya menyerang jenis tanaman seperti rumput maupun jagung, agar disosialisasikan kepada masyarakat bahwa belalang tersebut mengandung racun,


"belalang Pelus atau belus tersebut berbahaya bagi manusia juga binatang peliharaan jika di konsumsi, dan lebih parah lagi bisa mengakibatkan kematian, "imbuhnya. 


Di tempat yang sama Dukuh Gandu,Kalurahan Semugih Tohari selaku ketua kelompok tani mawarsari  mengatakan kelompok ini ada 168 orang, namun yang mengikuti pelatihan terbatas hanya pengurus RT-RW dan perwakilan anggota saja. 

BW

Posting Komentar

0 Komentar