Manfaat Daun Kelor - Warta Handayani

Manfaat Daun Kelor

Share This
(Wartahandayani.com)_daun kelor sudah jadi menu langka yang jarang disajikan dalam daftar sayuran pilihan. Tapi tahukah  jika kandungan daun kelor sebenarnya saat baik untuk kesehatan mata lho. Hal ini tentu penting ya, dimana di era sekarang anak saat lekat dengan gadget yang mampu menurunkan fungsi mata. Yuk cari tahu manfaat daun kelor dan cara menggunakannya untuk kesehatan mata!

Tanaman kelor adalah tanaman tropis yang banyak ditemukan di negara- negara Asia. Tanaman kelor mulai jarang di konsumsi karena kalah dengan jenis sayur lain. Namun berdasar penelitian daun kelor termasuk dalam makanan bergizi yang direkomendasikan (Recommended Dietary Allowance -RDA) karena kandungan vitamin A dan gizi pendukung lain. Daun kelor sudah terbukti mampu menunda timbulnya penyakit degeneratif yakni penyakit yang menyebabkan terjadinya kerusakan terhadap jaringan atau organ tubuh. Bahkan katarak dan glukoma pun bisa dicegah dengan daun kelor.

Manfaat Daun Kelor untuk Mata

Seperti yang diketahui banyak penelitian yang menunjukan bahwamanfaat daun kelor sangat banyak salah satunya untuk mata.Manfaat daun kelor untuk mata yang pertama yakni membantumempertajam penglihatan bagi penderita minus maupun rabun senja.


Dengan mengkonsumsi daun kelor secara teratur, penglihatan akan menjadi lebih baik dan jernih. Berdasar riset kandung vitamin C tinggi dalam daun kelor lebih banyak tujuh kali lipat dibandingkan buah jeruk. Nah, vitamin C inilah yang berperan penting untuk menjaga kesehatan mata secara menyeluruh termasuk mata minus.

Vitamin C dalam daun kelor ini kaya akan antioksidan alami untuk melawan radikal bebas sehingga masalah mata bisa diatasi dengan baik. Daun kelor juga mengandung mineral dan nutrisi lainnya, serta kaya akan anti-oksidan yang dapat memperbaiki sel sehingga mampu mendukung pemulihan fungsi mata.

Manfaat lain daun kelor adalah mencegah penyakit mata. Hal tersebut dapat terjadi berkat tingginya kandungan vitamin A dan retinol di dalamnya. Katarak, rabun dekat, maupun rabun jauh bisa. Retinol pada daun kelor berfungsi pada batang retina dan menjadikan visibilitas mata lebih baik.

Cara Menggunakan Daun Kelor untuk Pengobatan Mata

Cara menggunakan daun kelor untuk pengobatan mata sangat sederhana, bahkan hanya menjadikannya sayur harian Moms bisa langsung mendapat manfaat daun kelor. Namun, untuk hasil yang lebih optimal Moms bisa membuat ramuan daun kelor untuk obat tetes mata harian.

Caranya siapkan 3-4 lembar daun kelor yang sudah dicuci, lalu haluskan hingga benar-benar lembut. Campurkan daun kelor tadi dengan 1 gelas air aduk kemudian diamkan sampai ampas daun kelor mengalami pengendapan di dasar gelas. Gunakan air yang sudah diendapkan tadi sebagai obat tetes mata secara teratur setiap hari. Dan dalam 3-4 minggu pandangan mata akan membaik.

Nah, itu tadi khasiat daun kelor untuk mata. Walau pesona daun kelor sebagai sayur sudah pudar namun manfaatnya tetap jadi primadona. Karenanya jangan ragu konsumsi daun kelor ya Moms, dapatkan nikmat dan sehatnya. Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here