Hari Jadi Ke -80 , Desa Nglindur Siap Jadi Desa Budaya - Warta Handayani

Hari Jadi Ke -80 , Desa Nglindur Siap Jadi Desa Budaya

Share This

GIRISUBO,(WH) – Dalam rangka Hari Jadi yang Ke - 80 tahun , Pemerintah Desa Nglindur gelar Kirab Budaya dan bernagai pagelaran Rabu (27/11/2019) yang diikuti seluruh masyarakat , dan dihadiri oleh GRM Hertriasning Dan Forkominca Kecamatan Girisubo serta Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul serta Dewan Budaya Kabupaten Gunungkidul.

GRM Hertriasning dari Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat yang turut menghadiri peringatan Hari jadi Desa Nglindur sangat mengapresiasi peringatan ini serta sangat bangga degan masyarakat Desa Nglindur seluruhnya bahwa sangat menghargai budaya dan juga mau melestarikannya.

"Semoga kedepan Desa Nglindur mampu menjadi Desa Budaya dan juga masyarakat tetap bersatu padu untuk melestarikan gotong royong dan juga pelestarian budaya."ungkap GRM Hertriasning.


Kepala Desa Nglindur, Supriyana menjelaskan bahwa, peringatan Hari Jadi Desa Nglindur memang selalu dilaksanakan setiap tahunnya dan berharap kedepan Desa Nglindur dapat menjadi desa yang maju dalam pembangunan maupun dalam kesenian budaya.

Dalam peringatan Hari Jadi Desa Nglindur yang ke 80 tahun kali ini, berbagai kesenian ditampilkan seperti macapat, kirab budaya dan berbagai pertunjukan lainnya seperti Kethoprak. Dalam kegiatan kirab budaya yang dilaksanakan di lapangan Tekik, seluruh masyarakat turut andil memeriahkan kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini sebagai wujud gotong-royong dan pemberdayaan masyarakat, selain itu kegiatan kirab ini bertujuan melestarikan budaya serta kearifan lokal,”imbuhnya.


Totok Wahyudi Dukuh Wuni, Desa Nglindur menceritakan bahwa kegiatan yang digelar untuk memperingati Hari Jadi Desa Nglindur ini selalu berlangsung meriah dan kali ini semakin meriah dan antusias masyarakat sangat liar biasa.

"Semoga di usia ke -80 ini Desa Nglindur segera mampu menjadi Desa Budaya dan terus melestarikan seni dan budaya secara rutin agar tidak tergerus oleh perkembangan globalisasi."pungkas Totok.(Hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here