Sumber Waras Ikuti Penilaian Asuhan Mandiri ( Asman) Pemanfaatan TOGA dan Ketrampilan Akupresure tingkat Kabupaten - Warta Handayani

Sumber Waras Ikuti Penilaian Asuhan Mandiri ( Asman) Pemanfaatan TOGA dan Ketrampilan Akupresure tingkat Kabupaten

Share This

PONJONG,(WH)- Senin (15/04/2019) berlokasi  di Balai Padukuhan Sendang II , Desa Sawahan, Kecamatan Ponjong dalam rangka penilaian Asuhan Mandiri ( Asman) Pemanfaatan TOGA dan Ketrampilan Akupresure tingkat Kabupaten.

Dalam kegiatan ini hadir Tim Penilai Asman TOGA Kabupaten , Camat Ponjong beserta Forkompinca Ponjong , Kepala Desa Sawahan beserta staff Desa Sawahan dan Kelompok Asman TOGA dan Akupresire Sumber Waras.

Purwanti Ketua dari Asman TOGA dan Akupresure Sumber Waras Sawahan menceritakan sejarah berdirinya kelompok ini bahwa didirikan pada 7 November 2018 di Balai Dusun Sendang II, Desa Sawahan. Untuk Kegiatan kelompok sendiri dilakukan 1bulan sekali dihadiri oleh UPT Puskesmas Ponjong 01, dilakukakn pelatihan akupresure dan pemanfaatan TOGA .

Purwanti juga menjelaskan ada beberapa Kendala yang dihadapi selama ini diantaranya adalah kurangnya promosi keluar Desa Sawahan dan kurangnya bahan baku untuk pembuatan inovasi produk serta belum adanya PIRT produk dari bahan baku TOGA.

"Harapannya ada pembinaan berkelanjutan dari Dinas terkait serta sinergi dengan pihak Desa sehingga produk produk yang dihasilkan dari Kelompok Sumber Waras mampu berkembang dan bisa dipasarkan keluar dari Desa Sawahan," imbuh Purwanti. (15/04)

Camat Ponjong Asis Budiarto sangat mengapresiasi warga Sawahan yang semangat dalam hal Asman TOGA dan Akupresure yang dibentuk menjadi Kelompok Sumber Waras Sawahan.

"Dengan mengikuti perlombaan seperti ini masyarakat akan terpacu bahwa TOGA dan akupresure sangat bermanfaat dan mampu lebih cepat penanganannya semisal ada warga yang sakit bisa lebih tradisional tapi efektif dalam penanganan," imbuh Asis Budiarto.

Dalam kesempatan yang sama Kades Sawahan Suprapto berharap kegiatan hari ini semoga tidak hanya menjadi ajang mencari nilai akan tetapi juga menjadi daya semangat untuk kedepan agar lebih bisa optimal dan bermanfaat untuk masyarakat.(Hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here