PP. Al I'tisham Berkomitmen Untuk Kaum Muslimin Yang Tidak Mampu - Warta Handayani

PP. Al I'tisham Berkomitmen Untuk Kaum Muslimin Yang Tidak Mampu

Share This

WONOSARI,(WH) - Pondok Pesantren Al I'tisham berdiri pada tanggal 6 Rabi'ul Awwal tahun 1417 H atau bertepatan dengan tanggal 21 Juli 1996 . Lembaga ini merupakan amal usaha Yayasan Islam Al I'tisham Gunungkidul yang berkedudukan di Kabupaten Gunungkidul. Lembaga ini bergerak dalam bidang Pendidikan, dakwah dan penyantunan anak yatim, anak terlantar dan fakir miskin. Hal ini dilandasi oleh realitas di masyarakat bahwa penanganan terhadap usaha perbaikan moral dan akhlaq bangsa dari waktu kewaktu semakin memerlukan penanganan yang lebih serius. Terlebih dengan adanya krisis moneter pada tahun 1997-1998 yang berkelanjutan dengan adanya krisis kepercayaan dalam segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini diiringi pula dengan semakin jauhnya manusia dari ajaran Allah Ta’ala yang berdampak pada :
  1. Semakin banyaknya anak-anak yang putus sekolah akibat kondisi ekonomi.
  2. semakin banyaknya anak-anak terlantar yang tidak terurusi dan terbina.
  3. Meningkatnya kenakalan Remaja .
  4. Merajalelanya penyalahgunaan Narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya.
  5. Semakin maraknya pergaulan bebas dan hamil sebelum menikah.
Melihat kondisi tersebut Pondok Pesantren Al I’tisham Wonosari merasa terpanggil untuk ikut serta ambil bagian dalam rangka mendukung program pemerintah khususnya dalam bidang kesejahteraan masyarakat dan Mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada awal berdiri telah memiliki 1 buah masjid dan 2 lokal asrama. Seiring dengan itu di dirikan Madrasah Tsanawiyah Al I'tisham, yang menunjang pendidikan formal bagi santri-santri PP. Al I'tisham. Ketika itu Yayasan belum memiliki jenjang sekolah formal yang lain. Tahun 1999 dibukalah MA Al I'tisham dan PP. Mardhotullah di Siyono Logandeng Playen, kira-kira 2 km dari PP.Al I'tisham.

Kemudian, karena tuntutan kebutuhan akan sekolah/Pesantren bagi putri maka pada tahun 2004 dibukalah MTs Kelas Putri di Banaran,Playen,Playen sekitar 8 km dari Kampus Putra di Wonosari. Pada tahun 2007 dibukalah Jurusan Pengolahan Hasil Pertanian Pangan (bagi Putri) menyatu dengan PP. Al I'tisham Putri di Banaran ; yang menginduk kepada SMK Mardhotullah di Siyono. Kampus di Banaran Playen ini menempati lahan seluas kurang lebih 2 hektare. didirikan TKIT Al Muhajirin di Dusun Selorejo, Sodo, Paliyan, Gunungkidul bagi masyarakat sekitar desa tersebut. TKIT Al Muhajirin saat ini mengalami perkembangan yang sangat baik, alhamdulillah. Keberadaannya sangat bermanfaat dan dibutuhkan masyarakat.

Pada tahun ini (2009) dirintis MSU(Madrasah Salafiyah Ula/setingkat SD) dibawah Departemen Agama, berkedudukan di Komplek PP.Al I'tisham Wonosari. Sejak awal berdiri PP. Al I'tisham berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan dengan biaya terjangkau/ bahkan gratis bagi keluarga kaum muslimin yang tidak mampu.

Email : ppalitisham@gmail.com
Kampus Putra : Gg. Wijayakusuma 140, Kepek 1, Kepek, Wonosari, Gunungkidul, D.I.Yogyakarta
Kampus Putri : Dusun Banaran RT 12/03, Playen, Playen, Gunungkidul, D.I.Yogyakarta (PP. Al I'tisham)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here