Daripada Sampah Jadi Penyakit Lebih Baik Jadi Duit - Warta Handayani

Daripada Sampah Jadi Penyakit Lebih Baik Jadi Duit

Share This

PATUK,(WH) - Sejak 31 desember 2014 terbentuklah sebuah kelompok bank sampah bernama Kelompok K3S yang beralamtkan di Dusun Jati kuning RT 38/11 Desa Ngoro-oro, Kecamatan Patuk, Gunungkidul.

Siti Rahmawati yang juga bertugas di Dinas Kesehatan dan bekerja sama dengan seksi promkes dari dana BOK untuk tata kota sampah tingkat rumah tangga dan berkat niat beliau terbentuklah sebuah kelompok bank sampah dengan nama K3S tersebut.

Saat dijumpai Senin (18/3/2019) Siti Rahmawati memaparkan bahwa anggota kelompok K3S sendiri terdiri dari ibu-ibu rumah tangga sekitar yang punya tujauan sama berbekal kemauan pribadi dan mengingat daerah Desa Ngoro-oro endemis dengan daerah yang dulunya banyak yang terjangkit demam berdarah .

"Karena alasan tersebut ibu-ibu mempunyai misi pengelolaan sampah alahsil saat ini mulai berkurang penyakit demam berdarah bahkan sudah tidak ada. saat ini satu per satu banyak peminat untuk pengelolaan sampah karena dari sampah sendiri bisa menambah pundi rupiah dan membantu untuk kebutuhan materi sampai saat ini ibu-ibu yang mengikuti program bank sampah sudah memiliki tabungan pribadi dari bank sampah tersebut,"imbuh Siti Rahmawati.


"Seiring berjalannya waktu K3S dengan gigihnya mengelola sampah mewakili Gungkidul untuk Lomba Adipura dan untuk cabang Bank sampah sendiri sampai saat ini kurang lebih 1400 san cabang bank sampah termasuk desa ponjong yanfg saat ini terbanyak untuk pengelolaan sampah."terang Siti Senin (18/3/2019)

Untuk sampah sendiri dari kelompok K3S dipilah-pilah dari yang unorganik dan organik . untuk unorganik sendiri tercipata hasil karya dari limbah sampah mulai dari pernik pernik dan kerajinan lainya sedangkan untuk organik sendiri dikelola dijadikan pupuk buatan yang saat ini banyak digunakan untuk pupuk berbagai tanaman .

K3S mengajak semua warga untuk pengelolaan dijdikan pupuk dan siap pendampingan cara-cara membuat pupuk kompos yang benar dan bermanfaat bagi kebutuhan berkebun sampai saat ini.

Siti Rahmawati mengajak K3S lebih maju lagi dan bisa mengajak kelompok lain dan membangun Gunungkidul untuk lebih indah ,nyaman,dan sehat dan semoga semakain berkembang didaerah lain.(Neli)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here