Turonggo Harjo Berjuang Lestarikan Jathilan di Giriharjo - Warta Handayani

Turonggo Harjo Berjuang Lestarikan Jathilan di Giriharjo

Share This

PANGGANG,(WH) - Paguyuban Kesenian Jathilan Turonggo Harjo tampil memukai di Lapangan Desa dan banyak masyarakat yang melihat pertunjukan jatilan siang itu, Rabu (27/2/2019) .

Paguyuban yang beralamat di Panggang III, Giriharjo, Panggang ini hampir semua anggotanya adalah muda mudi yang masih duduk di bangku sekolah SMA .

Jumadi pelatih jathilan Turonggo Harjo ditemui ditempat yang sama mengatakan bahwa seni Jathilan tidak boleh sampai tergerus jaman.(27/2)


"Turonggo Harjo setiap minggunya latihan sebanyak 2x secara rutin , jadi untuk kekompakan bisa kita tekankan sehingga saat pentas atau tampil bisa lebih maksimal,"imbuh Jumadi.

Jumadi juga berharap Semoga kedepan Desa Giriharjo terus mensupport Paguyuban Kesenian Jathilan Turonggo Harjo dan kita sendiri semakin kompak untuk melestarikan kesenian tari ini.

" Untuk generasi muda jangan pernah malu atau meremehkan kesenian jathilan ini, kita sebagai generasi penerus wajib untuk terus nguri uri kesenian dan kabudayan yang telah diwariskan turun menurun kepada kita dan semoga bisa membawa harum Desa Giriharjo dan Kabupaten Gunungkidul,"pungkasnya . (Hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here