Sedekah Labuh 0708 Alang-alang Ombo Dari Kesadaran Budaya Menjadi Kemandirian Budaya

Warga 0708  ialah masyarakat yang  unik dan berani berbeda dari masyarakat Girisekar pada umumnya. Di tengah Dana Keistimewa yang memasuki pendanaan budaya di berbagai kegiatan masyarakat. Warga 0708 berani mandiri dalam menjalankan praktik budaya, praktiknya itu setiap warganya rela memberikan sumbangan uang untuk melaksanakan acara sedekah labuh secara besar. Kegiatan sedekah labuh ini  di gagas oleh Rt 07 dan Rt 08. Kedua Rt ini, kompak untuk melaksanakan kegiatan sedekah labuh secara bersama-sama. Tentunya kekompak ke-dua Rt ini bukan hal yang mudah, banyak persoalan dari sudut pandang yang berbeda setiap RTnya, tapi berkat budaya dan tradisi sedekah labuh ini kedua RT ini mempunyai ruang komunikasi dan ruang gotong Royong Budaya.




Sekiranya praktik Gotong Royong Budaya di kalurahan Girisekar Gunungkidul, belum begitu banyak dan kompak seperti warga 0708 alang-alang ombo. Meskipun Girisekar di identitaskan sebagai Kalurahan budaya belum begitu banyak kesadaran budaya yang muncul di masyarakat. Kesadaran budaya di Kalurahan Girisekar masih dalam praktik kesadaran proyek budaya. Hal ini, yang menjadikan tugas besar untuk memajukan Kalurahan budaya di Girisekar.

Tentunya adanya contoh gotong royong budaya warga 0708 ini, bisa dijadikan contoh untuk dipraktikan di seluruh warga Girisekar. Praktik gotong royong budaya ini pun, bisa dijadikan sebagai program kalurahan budaya dalam melestaikan budaya di masyarakat.

Kemandirian budaya oleh warga 0708 bukan hanya kegiatan Sedekah Labuan saja yang telah dijalankan oleh warga 0708. akan tetapi karya yang paling besar warga 0708 ialah pembangunan balai budaya secara gotong royong. Mungkin di daerah Girisekar, hanya warga 0708  yang mempunyai tempat balai budaya. Balai budaya ini pun, sebagai pusat kegiatan budaya seperti: Sedekah labuhan, tempat latihabn gejuk lesung, latihan Karawitan bahkan tempat latihan tari bagi anak-anak warga 0708.  Meskipun bangunan ini terbuat dari bambu, akan tetapi warga mempunyai tempat dan fasilitas umum untuk kegiatan budaya di masyarakat.

 Adanya gotong royong budaya ini, bisa menjadikan masyarakat lebih kompak dalam kekeluargaan dan keorganisasian. Tidak hanya itu, warga 0708 aktif dalam segala kegiata baik budaya maupun sosialnya. Tentunya ada acara tahunan Sedekah Labuh ini bisa memberikan dampak ekonomi dan dampak kekeluargaan bagi warga 0708.  

 

 

Posting Komentar

0 Komentar