Pengadilan Negeri Wonosari Menyampaikan Mediasi Sebagai Penguat Penerapan Nilai Kebangsaan Di Kalurahan Playen


Gunungkidul (Wartahandayani.com)_Hakim Pengadilan Negeri Wonosari I Gede Adi Muliawan, S.H., M.H.,memberikan pengajaran mengenai teknik mediasi dalam penyelesaian sengketa di Balai Kalurahan Playen, Kapanewon Playen,Selasa, 23 Mei 2023.

Diacara inti I Gede Menyampaikan Empat Konsensus Kebangsaan sebagai Pondasi Kehidupan Bernegara yang diadakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemerintah Kabupaten Gunungkidul ini.

"Pentingnya sosialisasi Wawasan Kebangsaan ini supaya kedepannya tokoh masyarakat dan perangkat Kalurahan memiliki kemampuan berkomunikasi didalam melakukan mediasi," Jelas I Gede.
 
Materi tentang pentingnya 4 konsensus berbangsa. Kesadaran masyarakat dalam mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam 4 konsensus kebangsaan, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, serta Negara Kesatuan Republik Indonesia, tersebut sangat diperlukan.

"Penerapan 4 konsensus kebangsaan tidak selalu menyangkut permasalahan hidup kompleks dalam bernegara, tetapi dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarat dalam skala kecil seperti lingkup rumah tangga. Konsensus kebangsaan ini sangat penting khususnya dalam menjaga keseimbangan hak, kewajiban serta rasa toleransi," terangnya.
Dijelaskan pula bahwa mediasi sebagai penyelesaian dengan mengedepankan musyawarah mufakat perlu dipelajari sebagai hal yang penting diketahui.
Sosialisasi ini penting sebagai bekal menyambut tahun pemilu 2024. Pesta Demokrasi yang memiliki konsekuensi pada potensi adanya perpecahan dalam proses pemilihan harus dibentengi dengan kesadaran berbangsa dan bernegara yang baik. 

"Harapan kami kedepannya masyarakat semakin memiliki kesadaran terhadap resiko adanya konflik serta perpecahan. Tokoh masyarakat dan perangkat desa sebagai garda terdepan di masyarakat wilayahnya perlu memiliki kemampuan bermediasi yang handal sehingga dapat mencegah potensi permasalahan maupun konflik saat pesta demokrasi nantinya."  Imbuhnya.


Bowo/red

Posting Komentar

0 Komentar