Melalui Sosmed Mahasiswa KKN USD Turut Serta Pasarkan Batik Kromojati.


 


Rongkop (wartahandayani. Com) – Universitas Sanata Dharma (USD) angkatan 65, menggelar program kuliah kerja nyata (KKN) bagi mahasiswa yang sudah memasuki semester akhir. 

Salah satunya dilaksanakan di Kalurahan Bohol,Kapanewon Rongkop,Kabupaten Gunungkidul.(22/01/2023)


Mahasiswa USD mendapat tugas KKN, Sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat, mahasiswa USD melakukan tugas pendampingan dalam memaksimalkan potensi.

 

Potensi yang bisa dikembangkan di Kalurahan Bohol di bidang seni budaya,kearifan lokal dan bidang ekonomi. Salah satunya konveksi dan pembuatan batik,Kata salah satu perwakilan mahasiswa USD Daniel enricho (fakultas sastra bahasa Indonesia) Universitas Sanata dharma.


Warga Kalurahan Bohol memiliki potensi, selain dalam seni dan budaya keterampilan dalam ekonomi yaitu  memproduksi batik tulis. Dikenal dengan batik Kromojati, Selama ini dikelola oleh segelintir dari ibu-ibu PKK padukuhan Belang Rt11,Rw05,Kalurahan Bohol.


Namun  batik tulis Kromojati ini penjualannya hanya sebatas pesanan saja. Jadi untuk mengembangkan batik Kromojati ini perlu adanya sebuah media supaya dikenal masyarakat luas.


Langkah awal yang akan dilakukan oleh mahasiswa USD (Universitas Sanata Dharma),melakukan pengenalan terhadap batik Kromojati ini di media sosial (medsos).


Batik yang diusung adalah diambil dari hukum adat Kalurahan Bohol,ketika adanya pernikahan atau menikah diwajibkan untuk menanam bibit jati. 

Kromojati dari bahasa Kromo artinya pernikahan,Jati artinya langgeng. 

Dengan harapan ketika menikah di daerah Kalurahan bohol agar awet atau langgeng, motif batik Kromojati perpaduan antara bunga truntum dan daun jati.



Sementara itu Pupung isbudaya, salah satu pengelola batik Kromojati Kalurahan Bohol, mengungkapkan merasa terbantu dengan  adanya mahasiswa KKN dari USD Universitas Sanata Dharma ini. yang membantu dalam pemasaran dan pengenalan dengan media online.


“Kami sangat terbantu, dengan pengenalan  batik Kromojati di media sosial, semoga batik ini semakin eksis di masyarakat,” Pungkasnya.

BW

Posting Komentar

0 Komentar