Empat Tempat Wisata Budaya,Kuliner Tradisional dan Alam Di Gunungkidul



GUNUNGKIDUL ( Wartahandayani.com)_ Gunungkidul indentik dengan daerah pesisir pantai yang menarik dan harus di kunjungi. Tidak hanya pantai saja Gunungkidul menarik untuk di datangi oleh wisatawan domestik dan macanegara, akan tetapi banyak kegiatan budaya dan wisata di Gunungkidul yang menarik.

Pasar Ghodong Jati


Luasnya perkebunan jati di Gunungkidul, tidak jadi menghambat untuk masyarakat maju dalam ekonomi. Tentunya adanya kebun jati ini menjadi faktor pendukung untuk maju dalam ekonomi dan kegiatan umkm masyarakat.
Pasar Ghodong jati ialah kegiatan pasar tradisional jawa yang diadakan di tengah hutan jati yang ada di daerah Banyusuco, Kepek I Playen. Kegiatan ini rutin diadakan setiap minggu pagi dan setiap tahunnya diadakan kegiatan budaya yang dinamai Pasar Ghodong Jati Festival yang diadakan setiap bulan November. 



Pantai Gesing


Pesisir pantai selatan yang ada di Gunungkidul tidak akan cukup habis di datangi dalam satu hari, tenang saja untuk memuaskan wisatawan pantai gesing cocok untuk di datangi. Rekomendasi ini, menjadi wajib untuk di coba karena pantai ini mempunyai daya pikat yang menarik dari segi wisata alam dan kulinernya. Pantai gesing ini bagi masyarakat luas identik dengan wisata kuliner olahan ikan laut, bahkan masakan ikan laut menjadi candu yang harus dicubai. Tidak hanya itu, pelayanan harganya pun bersahabat bagi wisatawan.  Jika berminta silahkan datang langsung ke desa Girikarto, Gunungkidul.

 Kalahari Resto dan Cafe


Jika bosan dan ramai di wisata pantai di Gunungkidul, Kalahari Resto dan Cafe bisa menjadi rekomendasi untuk dikunjungi. Bagi saya kalahari ini menjadi resto dan cafe pertama yang ada di Gunungkidul yang mengambil konsep bali dan percampuran Jawa. Tidak hanya itu resto ini menjadi favorit anak muda nongkrong dan diskusi budaya dan sosial. Tidak hanya itu resto ini menjadi pusat kebudayaan Indonesia yang ada di Gunungkidul, bahkan setiap bulan diadakan kegiatan budaya yang beraneka ragam budaya yang ada di Indonesia.  Untuk lebih jauh bisa bisa datang langsung ke alamat tegalmulyo 03/05, Bansari, Kepek, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55813.




Paceklik Culture Festival


Paceklik Culture Festival ialah kegiatan budaya berbasis masyrakat yang diadakan setiap tanggal 4-7 Oktober di Gunungkidul. Menarik event ini ialah kegiatan budaya dan kemasan event yang merujuk pada kesederhanaan dan ke tradisional masyarakat Gunungkidul. Dengan adanya acara ini pun, banyak turis asing berkunjung dan pengisi acara dalam kegiatan paceklik culture festival ini. Sayangnya dimasa Covid-19 ini kegiatan budaya seperti ini dialihkan pada media online. Yang menarik dari kegiatan ini tidak hanya budaya saja, akan tetapi yang menarik ialah kegiatan gotong royong masyarakatnya yang mempertahankan budayanya, tidak heran juga kegiatan ini sering berpindah-pindah tempat dari desa ke desa lainnya, tujuannya ialah ingin membangun kesadaran budaya dan sumberdaya masyarakat di bidang budaya dan wisata. Jika membutuhkan informasu kegiatan ini bisa datang langsung ke sekertatias Sekar Nyentrik beralamat, Desa Girisekar, Panggang, Gunungkidul, DIY, atau Follow Instagram @PaceklikCultureFestival.

Posting Komentar

0 Komentar