Link Banner

Gotong Royong,Gugur Gunung,Kerja Bakti


WONOSARI (Wartahandayani.com)_Selasa pagi 04/02/2020.Entah sejak kapan budaya kerja bakti, gugur gunung atau gotong royong mulai ada yang jelas budaya ini masih ada dah tumbuh di kalangan masyarakat pedesaan pada umunya.

Jenis pekerjaan yang biasa di gugur gunungkan antara lain, membuat jalan kampung, pos ronda, bikin rumah, bikin kandang, bikin fasilitas umum dlsb.

Budaya gotong royong ini mulai memudar dikalangan milenial. Ada banyak manfaat dari gotong royong yang bisa kita ambil hikmahnya antara lain :

1. Semangat kebersamaan.
Gotong royong melahirkan semangat kebersamaan diantara warga masyarakat, pekerjaan mrnjadi ringan dan mudah terselesaikan.

2. Persatuan
Kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong sekaligus melahirkan persatuan antar anggota masyarakat. Dengan persatuan yang ada, masyakarat menjadi lebih kuat dan mampu menghadapi permasalahan yang muncul.

3 Rela berkorban
Gotong royong mengajari setiap orang untuk rela berkorban. Pengorbanan tersebut dapat berbentuk apapun, mulai dari berkorban waktu, tenaga, pemikiran, hingga uang. Semua pengorbanan tersebut dilakukan demi kepentingan bersama.

4. Tolong menolong
Gotong royong membuat masyarakat saling bahu-membahu untuk menolong satu sama lain.

5 Sosialisasi
Gotong royong dapat membuat manusia kembali sadar jika dirinya adalah maskhluk sosial. Gotong royong membuat masyarakat saling mengenal satu sama lain sehingga proses sosialisasi dapat terus terjaga keberlangsungannya.

Yuk gotong royong, kerja bakti, gugur gunung

Slamet Spd.MM

Posting Komentar

0 Komentar