Warga Macanmati, Girimulyo Gelar Sedekah Labuh - Warta Handayani

Warga Macanmati, Girimulyo Gelar Sedekah Labuh

Share This

PANGGANG,(WH) - Ratusan warga macan mati tumpah ruah dibalai padukuhan Macan Mati Desa Girimulyo Kecamatan Panggang jumat siang (18/10/2019) untuk acara ''Sedekah Labuh'' yang diadakan oleh padukuhan warga Macanmati yang mana ada 9 RT membawa tumpeng masing-masing tiap RT dengan Jodang yaitu kotak paniang dipukul 2 atau 4 orang ditambah 1 tumpeng dari padukuhan.

Total 10 tumpeng yang di jadikan satu di balai dusun yang nantinya akan didoakan dulu oleh pemuka adat setempat ,dijumpai dilokasi acara menuturkan doa yang dipanjatkan ini bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan serta berdoa untuk keselamatan seluruh warga macanmati sendiri khususnya agar dijauhan dari mara bahaya dan dimudahkan segala urusanya.


Acara Sedekah Labuh dihadiri Kepala Desa Girimulyo , beserta jajaranya ,Dewan kebudayaan Desa dan tokoh masyarakat setempat .

Menurut penuturan Margiono selaku Kepala Dusun kegiatan yang rutin diadakan disetiap mongso labuh yang diambil di setiap hari Jumat Legi disetiap tahunya, disamping melestarikan budaya juga menampilakn seni tradisi yang ada di padukuhan macanmati sendiri serta mengajak kalangan anak muda untuk selalu nguri-uri kebudayaan.

"Puncak acara Sedekah Labuh ini nanti akan dibagikan nasi Sarang dari 10 tumpeng nasi ingkung dan ubo rampe dijadikan 1 dan dibagi-bagi untuk warga lokal maupun para penonton "terang Margiono.

Menginggat digunungkidul banyak tempat-tempat yang masih disakralkan ataupun masih banyak yang menjaga kelestarian Budaya,dan banyak kesenian-kesenian lokal yang juga harus dipertahankan , semoga kedepanya Gunungkidul bakal menjadi daerah lokasi wisata yang berbudaya,''pungkasnya. (Neli)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here