Serah Terima Jabatan BPD Desa Tambakromo Dengan Harapan Baru - Warta Handayani

Serah Terima Jabatan BPD Desa Tambakromo Dengan Harapan Baru

Share This
PONJONG,(WH) - Kamis,(10/10/2019) bertempat di Aula Balai Desa Tambakromo,  Kecamatan Ponjong diadakan serah terima jabatan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) antara yang lama Periode 2013-2019 dan juga yang baru terpilih Periode 2019-2025 pada 19 September 2019 lalu , sebanyak 80 peserta yang diundang untuk menghadiri acara tersebut perwakilan dari masyarakat Desa Tambakromo Turut hadir Camat Ponjong beserta jajarannya.

Camat Ponjong R. Azis Budiarto, S.Sos
Menjelaskan bahwa Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam sistem pemerintahan desa sekarang ini menempati posisi yang sangat penting. Tapi sebenarnya, apa saja tugas para anggota BPD yang terhormat itu sehingga menjadi begitu penting bagi warga desa? Inilah penjabaran dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No 110 Tahun 2016 tetang Badan Permusyawaratan Desa.

Fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa. Dari tiga tugas ini sudah jelas BPD adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa.

"BPD juga memiliki kekuatan untuk menyampaikan aspirasi warga. Penyampaian aspirasi dilakukan melalui beberapa tahap kerja yakni BPD harus melakukan penggalian aspirasi masyarakat, menampung aspirasi masyarakat yang disampaikan ke BPD dan mengelola aspirasi masyarakat sebagai sebuah energi positif dalam merumuskan langkah kebijakan desa." imbuh Azis.

Kepala Desa Tambakromo Sudigdo Wiyoko Nugroho berharap kepada BPD Periode 2019-2025 bisa bersinergi dan juga menjadi mitra Pemerintah Desa Tambakromo dan juga kepada 9 anggota yang baru ini segera menyesuaikan diri karena sudah ditunggu berbagai tugas didepan mata.

Waluya perwakilan BPD baru Periode 2019-2025 setelah serah terima jabatan menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan dan juga kepada BPD lama ealaupun sudah tidak menjabat agar bisa tetap bersinergi untuk membangun dan memajukan Desa Tambakromo.(Hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here