Lukisan Unik Syarat Misteri Cupu Panjolo - Warta Handayani

Lukisan Unik Syarat Misteri Cupu Panjolo

Share This
PANGGANG (WH)- Momen dimana acara dimulai pembukaan "Cupu Panjolo" keramaian nampak terlihat di dua lokasi senin malam (21/10/2019) ,lokasi pertama ditempat Mbah Dwijo Sumarto,lokasi yang kedua dirumah Kepala Desa Giripurwo Girisekar, Kecamatan Panggang.

Lokasi pertama warga yang datang untuk menyaksikan dan mendengarkan hasil dari pembukaan Cupu Panjolo yang mana lanjut dilokasi kedua yang mana hasil dari simbol-simbol atau gambar yang keluar langsung dilukiskan dikain kanfas sepanjang 20 m dan 20 pelukis ,antusias warga luar biasa untuk melihat hasil lukisan yang melambangkan simbol-simbol yang keluar dari kain pembungkus Cupu Panjolo.

Ditemui dilokasi melukis Danang
Salah satu pelukis seiring berjalanya dibuka satu per satu kain pembungkus sambil melukis simbol yang keluar,dalam penuturanya bahwa pada tahun ini lain daripada yang lain ,mengapa dikatakan begitu karena dari tahun-tahun sebelumnya tidak ada acara yang seperti ini.

"Apa yang saya dengar langsung saya lukiskan agar warga yang hadir bisa melihat secara dekat hasil simbol dan gambar yang ada di kain pembungkus Cupu Panjolo. "terang Danang.

Sutarpan,S.Ip Kepala Desa Girisekar  sekaligus rumahnya dipakai untuk lokasi melukis dalam penuturanya kepada Warta Handayani Rabu Malam ,memang benar adanya 20 pelukis yang disiapkan untuk melihat seperti apa gambar yang keluar dikain  pembungkus Cupu Panjolo.

"Tidak sedikit warga yang senang bisa melihat langsung hasil lukisan ,disamping bisa mendengarkan hasil sekaligus bisa melihat gambarnya. " terang Sutarpan.

"Dengan banyaknya simbol-simbol yang keluar dikain pembungkus Cupu Panjolo atau tidak ada simbol sama sekali harapanya kedepan yang terbaik ,jangan punya pemikiran yang neko-neko "imbuhnya.

"Melestarikan adat ,tradisi dan budaya adalah salah satu contoh menghormati Pancasila,karena kita semua hidup dinegara yang kental dengan adat,tradisi dan budaya." pungkasnya.(Neli)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here