Bersih Telaga Gonggongan , 3 Padukuham di Giripurwo Jadi Satu - Warta Handayani

Bersih Telaga Gonggongan , 3 Padukuham di Giripurwo Jadi Satu

Share This


PURWOSARI, (WH)- Senin siang (16/09/2019) ribuan pasang mata memadati Telaga Gonggongan, Desa Giripurwo, kecamatan Purwosari dalam rangka Bersih Telaga Gonggongan tiga padukuhan Yaitu Padukuhan Jlumbang,  Kacangan dan Tlogowarak mengarak puluhan Ingkung untuk dibawa ke lokasi Telaga.

Acara yang selalu diadakan ditiap tahunya oleh Desa Giripurwo sendiri yang sudah mendapatkan predikat Desa Budaya akan selalu menjaga dan melestarikan adat ,tradisi dan budaya ,pada kesempatan kali ini acara Bersih Telaga Gonggongan dihadiri wakil Bupati Gunungkidul Dr.Drs Immawan Wahyudi,MH , DPRD Kabupaten Gunungkidul  Ery Agustin ,Dinas kebudayaan  Kabupaten Gunungkidul, Dinas Kebudayaan DIY, Camat Purwosari Purwono ,SIP.,M.Si, beserta jajaranya ,Pendamping Desa Budaya Kabupaten Gunungkidul, Kapolsek Purwosari AKP Hajar Wahyudi ,S.H dan kepala desa Giripurwo Supriyadi beserta perangakat .

Arak-arakan kirab 40 Ingkung yang dibawa memakai jodang diarak mulai dari padukuhan masing-masing dibawa menuju Telaga Gonggongan untuk diadakanya Ritual Bersih Telaga,Jodang sendiri adalah kotak panjang yang dipakai untuk membawa ubo rampe ingkung dan yang lainya dipikul 2 orang silih berganti mengingat jarak tempuh dari titik lokasi acara lumayan jauh.

"Dimusim kemarau yang saat ini melanda dibagian selatan Yogjakarta jangan jadi acuhan untuk tidak melestarikan adat tradisi dan budaya kita,dan semoga kemarau segera usai." papar Immawan.

Supriyadi Kepala Desa Giripurwo berharap Semoga masyarakat dapat mengenal berbagai macam adat tradisi dan budaya khususnya di Giripurwo,Gunungkidul dan kemudian mampu dan mau ikut melestarikannya.


Dan tak hanya acara kirab saja, disajikan hiburan-hiburan klasik jaman dulu yang masih exsis diera moderen seperti, Pentas seni Thek-tek, Reog, dan yang lebih serunya lagi ada acara Tayub dan tak ketinggalan kepala desa Giripurwo ikut Ngibing naik panggung dan para Dukuh setempat.

Thomaz selaku ketua panitia desa Giripurwo merasa bangga acara terselengara dengan meriah dan berkat kerja sama semua panitia sehingga acara Bersih Telaga Gonggongan kali ini amat sangat meriah dan disetiap tahunya Adat Tradisi ini selalu dilestarikan.(Neli)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here