Desa Kepek Ikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Milik Desa dari DPK Kab. Gunungkidul - Warta Handayani

Desa Kepek Ikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Milik Desa dari DPK Kab. Gunungkidul

Share This

WONOSARI,(WH) - Selasa (21/05/2019), bertempat di Aula Balai Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul diadakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Milik Desa oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan ini dihadiri sekitar 50 peserta perwakilan dari 10 padukuhan  Dukuh , karang Taruna dan PKK .

Agung Wibawa,SIP Pustakawan Madya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul menjelaskan bahwa kegiatan kali ini pihaknya akan mensosialisasikan tentang Perpustakaan Desa karena mengingat dulu Desa Kepek adalah salah satu rintisan Perpustakaan Desa  oleh Kantor Perpustakaan Arsip Daerah sekarang DPK , materi kedua yang akan disampaikan adalah tentang pengelolaan perpustakaan.

"Harapannya setelah acara Bimtek ini Desa Kepek menjadi pioner untuk penggerak literasi di Desa , mengingat tingkat literasi kita masih rendah. Dan kedepan Karang Taruna mampu menggerakkan pendirian Gardu pintar selanjutnya karena Desa Kepek sudah memeiliki 2 Gardu Pintar yang sudah berjalan yaitu di padukuhan Bansari dan Tegalmulyo." imbuh Agung Wibawa.(21/05/2019)

Bambang Kepala Desa Kepek memaparkan bahwa semua ini berawal dari ide yang frontal yaitu tahun 2012/2013 pemanfaatan Pos Kamling menjadi Perpustakaan Desa yang lebih dikenal sebagai Gardu Pintar dan tahun 2015/2016 mendapatkan penghargaan dari Perpustakaan Nasional menjadi Perpustakaan Desa terbaik dalam kategori penyimpangan positif.

"Kita membutuhkan banyak support dan relawan untuk mensukseskan program Perpustakaan Desa dengan salah satu faktor itu bagaimana Desa Kepek mampu meningkatkan minat baca masyarakat mengingat dari berbagai sumbet bahwa minat baca di Gunungkidul itu rendah ,"imbuh Bambang Setiawan disela - sela acara Bimtek.

"Setelah Bimtek ini selesai kedepannya akan kita kompetisikan Padukuhan mana yang siap menjadi Gardu Pintar selanjutnya yang menjadi pengembangan Perpustakaan Desa ini dan menjadi pemacu semangat masing masing padukuhan untuk mempersiapkan wilayahnya masing masing. Dan target selanjutnya tahun 2020 Perpustakaan Desa bisa masuk di Gedung paud karena di Desa Kepek mempunyai 8 SPS yang mampu dan siap menjadi PAUD Multi Plus artinya saat baik pendidik masyarakat dan orang tua yang punya kesempatan bisa sambil membaca dan memanfaatkan waktu dan fasilitas yang disediakan seperti itu,"pungkas Bambang Setiawan.(Hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here