Pesona Indahnya Pantai Watu Lumbung Girisubo - Warta Handayani

Pesona Indahnya Pantai Watu Lumbung Girisubo

Share This
GIRISUBO, (WH)  Pantai Watu Lumbung merupakan bagian dari kawasan Pantai Wediombo Gunungkidul yang belum lama ini dikembangkan menjadi obyek wisata. Panorama pantai ini terbilang unik karena berupa pantai karang dimana terdapat batuan yang menjorok ke tengah laut membentuk daratan seperti pulau kecil. Beberapa informasi menyebutkan bahwa daratan tersebut atau Watu Lumbung terbentuk dari letusan gunung api purba jutaan tahun yang lalu.
berada di kawasan Gunung Batur, dusun Widoro, desa Balong, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Merupakan salah satu pantai yang terbentuk akibat letusan gunung api purba dengan bongkahan batu raksasa yang tampak seperti pulau yang terpisah dengan daratan.
Lokasi Pantai Watu Lumbung Gunungkidul berada di area sebelah barat Pantai Wediombo. Keberadaan pantai ini jarang diketahui wisatawan dan rata-rata orang yang mengenal pantai ini para penghobi memancing di laut. Akses menuju Pantai Watu Lumbung dengan melewati jalan cor semen ke arah kanan dari pos retribusi masuk Pantai Wediombo yang lama. Jalan setapak yang ada telah diperlebar dan saat ini dapat dilalui kendaraan beroda empat hingga mendekati lokasi.
Ketika tiba di sebuah ujung jalan yang berupa tebing dengan pemandangan lautan luas, kami melihat sebuah pulau karang di tepi pantai. Pulau karang itulah yang disebut Watu Lumbung oleh warga sekitarnya. Bentuk pulau karang tersebut seperti bongkahan batu raksasa berdiameter puluhan meter dengan bentuk bulat agak lonjong. Dibagian atasnya ditumbuhi tumbuhan liar yang membuat batu karang tersebut tampak kehijauan. Sebagian daratan disekeliling Watu Lumbung akan tenggelam ketika air laut sedang pasang.
Batuan yang berada di tepi Pantai Watu Lumbung bukan merupakan batu karang berkapur melainkan batu yang terbentuk dari letusan gunung berapi jutaan tahun yang lalu. Hal ini tampak dari bentuk batu yang bulat dan lonjong seperti batu-batu kali atau batu-batu pasir di tambang pasir lereng gunung berapi.
Area tepi pantai Watu Lumbung sepenuhnya berupa batuan karang berwarna putih bercampur kecoklatan. Jangan harap menemukan pantai berpasir putih di kawasan pantai ini karena tidak akan menemukannya. Sebagian batu tampak basah karena sebelumnya air laut mengalami pasang. Saat kondisi surut, kawasan pantai Watu Lumbung tampak jelas keindahannya.
Posisi Pantai Watu Lumbung menghadap ke arah selatan cukup sulit digunakan untuk menikmati pemandangan matahari terbit (sunrise) ataupun terbenam (sunset) . Namun keunikan Pantai Watu Lumbung menjadikkannya sebagai salah satu spot foto favorit para pemburu foto alam (landscape).(Hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here