Alumni V Regional Lions Leadership Institute (RLLI) Adakan Tanam Pohon dan Tanda Tangan Prasasti 10.000 Pohon Batik - Warta Handayani

Alumni V Regional Lions Leadership Institute (RLLI) Adakan Tanam Pohon dan Tanda Tangan Prasasti 10.000 Pohon Batik

Share This

GEDANGSARI,(WH)-Kamis (25/04/2019) bertempat di Rest Area Gubuk Gedhe Desa Ngalang Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul, Alumni V Regional Lions Leadership Institute (RLLI) mengadakan Bakti Sosial yaitu Penanaman dan penandatanganan Prasasti 10.000 bibit pohon batik pewarna alam.

Acara ini dihadiri oleh Staf Ahli Bupati bidang Sosial Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia Siti Isnaini Dekoningrum Nurhandayani,SH, Ketua panitia Lions Indonesia Irawan Santosa,Gubernur Distrik 307-A1 Sylviana Murni,Gubernur Distrik 307-B1 Willy Suwandi Dharma beserta anggota,Camat Gedangsari beserta Muspika kecamatan Gedangsari dan Kepala Desa Ngalang,Kaderi beserta jajarannya.

Kenapa memilih Gunungkidul sebagai wilayah untuk penanaman 10.000 pohon dikarenakan Gunungkidul dulu terkenal gesang dan lions club mempunyai program lingkungan hidup,yang mana lingkungan hidup ini perlu dilestarikan dan bermanfaat untuk para petani serta pewarna batiknya itu sendiri bisa membantu pembatik asli yang akan diperkenalkan di internasional.
Supaya di Gunungkidul ini banyak yang tahu meski terkenal dengan daerah yang tandus tetap bisa ditanamo pohon pewarna batik dan juga dikenal di mancanegara,tutur Irawan Santosa selaku Ketua Panitia Lions Indonesia.

Dalam sambutan Bupati Gunungkidul yang diwakili oleh Siti Isnaini Dekoningrum Nurhandayani,SH.Selaku Staf Ahli Bupati bidang sosial kemasyarakatan dan semberdaya manusia mengatakan, dengan adanya penanaman 10.000 pohon di wilayah Gedangsari ini harapannya agar dapat dimanfaatkan untuk wilayah Gedangsari yang banyak sentra-sentra batik memakai pewarna alam dan ramah lingkungan serta meningkatkan produksi batik di Gunungkidul.

Selama ini sudah ada pewarna alam dari kita sendiri tetapi belum sebanyak dan sesuai yang kita butuhkan karena perkembangannya batik ini semakin laku keras kita promosikan kemana-mana,kemall-mall dan juga melalui website dapat meningkatkan daya beli masyarakat karena warnanya yang khas dan corak tersendiri di kabupaten Gunungkidul ini khususnya wilayah Gedangsari.

Penanaman Bibit ini diserahkan kepada Pemerintahan Daerah yang selanjutnya akan ditanam dan dikelola oleh 5 (lima) Kelompok Tani yakni Karya Bhakti,Sedya Mulyo,Ngupoyo Bogo,Amrih Subur, Ngudi Makmur yang terletak di kecamatan Patuk, Gedangsari, Nglipar dan Ngawen,imbuh Radhitya disela-sela kesibukannya jug merupakan salah satu anggota di Lions Indonesia. (Whyoe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here