Gunungkidul Tampilkan Tradisi Adat Babad Dalan Giring Dalam Festival Adat 2019 - Warta Handayani

Gunungkidul Tampilkan Tradisi Adat Babad Dalan Giring Dalam Festival Adat 2019

Share This
WONOSARI,(WH)- Sabtu (30/03/19) bertempat di alun-alun Kota Wonosari Kabupaten Gunungkidul menggelar Festival Upacara Adat 2019 dalam Rangka Mangayubagya 30 Tahun Jumenengan Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Dalam acara yang digelar dengan ramai ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Kepala Bappeda DIY, Kepala Paniradya Pati, Paniradya Keistimewaan DIY, Kepala Biro Organisasi Setda DIY, Kepala BPKA DIY, Inspektur DIY Inspektorat DIY, Wakil Bupati Gunungkidul, Setda Gunungkidul, Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Kapolres Gunungkidul, Komandan Kodim Gunungkidul, Ketua DPRD Gunungkidul, Kepala Kejaksaan Negri Gunungkidul, Ketua FKUP Gunungkidul, Bupati Kulon Progo, Bupati Bantul, Bupati Sleman, Walikota Yogyakarta.



Acara ini diikuti 5 kabupaten yakni Kabupaten Gunungkidul sebagai Tuan Rumah, Bantul, Kulonprogo, Yogyakarta, dan Kabupaten Sleman.

Festival Adat dilaksanakan setiap tahunnya,
5 kabupaten ini juga menampilkan berbagai macam kebudayaan yakni Kabupaten sleman menampilkan Adat Labuhan Merapi " Kala Murda ",Kabupaten Kulonprogo Kutukan Sunan Geseng, Kabupaten Gunungkidul menampilkan Tradisi Adat babad Dalan Giring, Kabupaten Yogyakarta menampilkan Upacara adat karang kitri dan Kabupaten Bantul menampilkan Grebeg bakda Mangiran. Dan yang terakhir ditutup dengan  Tayub dari kecamatan karangmojo kabupaten Gunungkidul.

Harapannya dengan diadakan acara Festival adat budaya ini dapat ngiri-uri budaya jawa,bisa menjaga warisan leluhur serta generasi muda tetap bisa melestarikan kebudayaan-kebudayaan yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini.


Dalam Festival Adat 2019 ini Penyajian Unggulan I diraih oleh Kontingen dari Kabupaten Bantul menampilkan Grebeg Bakda Mangiran dengan total nilai 1800 disusul posisi kedua diraih Tuan Rumah Gunungkidul menampilkan Tradisi Adat babad Dalan Giring dengan total nilai 1650 disusul Kabupaten Kulon Progo 1500 poin, Kota Yogyakarta 1350 poin dan terakhir Kabupaten Sleman 1200poin.  (Whyoe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here