Puncak Bukit Kosakora - Warta Handayani

Puncak Bukit Kosakora

Share This

TANJUNGSARI, (WH) – Puncak Kosakora adalah suatu bukit yang terletak di jajaran pantai yang berada di Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, tepatnya dekat dengan pantai Drini dan disamping persis dari pantar Ngrumput. Tidak diragukan lagi bahwa pantai-pantai yang ada di Gunungkidul menyimpan pesona keindahan yang luar biasa, terdapa puluhan pantai dengan keindahan dan keeksotisan masing-masing. Setiap pantai di Gunungkidul memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Seperti panti Ngrumput yang memiliki Puncak Kosakora.
Puncak Kosakora ini dapat dikatakan merupakan destinasi yang belum lama ramai dikunjungi wisatawan, letaknya yang tidak mudah untuk dicapai membuat lokasi Puncak Kosakora tersembunyi padahal memiliki keindahan yang luar biasa, awalnya wisatawan hanya mengunjungi Pantai Drini yang berada disebelah barat Puncak Kosakora, seiring berjalannya waktu dan semakin gencarnya sosial media menimbulkan tren fotografi semakin melonjak, sehingga banyak wisatawan yang mencari tempat-tempat wisatabaru untuk di explore dan didokumentasikan, sehingga wisatawan rela untuk treking melewati bukit-bukit dan ladang milik masyarakat setempat dan akhirnya menemukan Puncak Kosakora tersebut.
Tidak diketahui secara pasti siapa yang menamai pertamakali ataupun yang menemukan Puncak Kosakora ini, namun yang pasti masyarakat setempat sudah mengetahuinya terlebih dahulu. Kini Puncak Kosakora semakin ramai didatangi wisatawan untuk menikmati pantai Ngrumput yang tidak seramai panta-pantai yang lainnya dan sekalian menaiki Puncak Kosakora untuk melihat indahnya lautan lepas dan sunset pada sore hari.
Jika anda ingin mengunjungi Puncak Kosakora, anda harus siap untuk treking atau berjalan menyusuri ladang milik warga setempat dengan batuan karang yang tajam sehingga anda harus hati-hati saat akan menuju Puncak Kosakora tersebut, jarak dari parkiran dengan Puncak Kosakora kurang lebih 800 meter dengan keadaan jalan tanah yang bervariasi. Sebelum sampai di Puncak Kosakora anda akan terlebih dahulu menjumpai pantai Ngrumput yang berada persis di bawah Puncak Kosakora. Jika anda hanya ingin bermain di pantainya saja pun tidak masalah, karena pasntainya yang cukup bersih dan alami.
Untuk mencapai Puncak Kosakora anda harus treking kembali dengan keandaan jalan setapak yang menanjak dan sempit serta terdapat beberapa batuan karang yang tajam, sehingga anda perlu berhati-hati, pakailah alas kaki yang memadai untuk berjaga-jaga jika anda menginjak karang yang tajam. Di Puncak Kosakora ini anda dapat melihat bentang garis pantai Gunungkidul yang lainnya, jika sore hari tiba anda akan melihat indahnya matahari terbenam dengan pemandangan luasnya laut yang menakjubkan. Selain hanya menikmati pemandangan pantai Ngrumput dan Puncak Kosakora ini sering dijadikan tempat untuk berkemah atau camping. Anda pun dapat mencoba untuk camping disini. Tidak perlu khawatir, saat ini pengelola sudah menyediakan peralatan camping dan kayu bakar dan hal pendukung lainnya dengan harga yang terjangkau.
Sayangnya saat ini di pantai Ngrumput maupun di Puncak Kosakora sudah terdapat beberapa bangunan warung yang terkesan tidak rapi sehingga membuat keindahan pantai Ngrumput dan Puncak Kosakora menjadi berkurang. Seharusnya pengelola maupun pemerintah dari dinas terkait ikut turun langsung ke destinasi wisata seperti di Puncak Kosakora ini untuk menata agar keindahannya terjaga. Dan harapannya jika anda berkunjung dutempat ini jangan lupa untuk membawa sampah anda karena belum terdapat tempat sampah yang memadahi. (Hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here