Hati – hati Share Berita Hoax tentang Kesehatan - Warta Handayani

Hati – hati Share Berita Hoax tentang Kesehatan

Share This

WONOSARI,(WH) – Diera digital ini , sangat banyak brodcast tentang artikel kesehatan yang terkadang isinya kurang pas atau hoax tapi juga banyak artikel yang bermanfaat. diantaranya adalah:
1.MEMASAK MIE INSTAN DENGAN BUMBUNYA DAPAT MENYEBABKAN KANKER
Berita yang menyebutkan tentang bahaya memasak mi instan dengan bumbunya.Sebab dalam bumbu mi instan mengandung MSG,yang sering dikait-kaitkan dengan penyakit kanker jika dimasak dalam suhu diatas 120° celcius.Ini merupakan salah satu berita yang tidak benar adanya,selama konsumsi MSG masih dalam batas aman.
Anda mungkin sudah akrab dengan istilah MSG (monosodium glutamate). Ini adalah salah satu komposisi bumbu mi instan yang banyak dihubungkan dengan kanker.
Mengapa?Sebelumnya kita simak dulu apa itu MSGMSG adalah kepanjangan dari Monosodium Glutamat. Sesuai namanya, MSG ini adalah garam yang terbentuk dari sodium dan asam glutamat. Asam glutamat ini sendiri adalah salah satu asam amino yang paling lazim ditemui dalam berbagai protein.
lalu kita lihat kembali apa itu pengertian kanker? kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari kelainan atau mutasi genetik, keturunan, rokok, alkohol, sinar matahari, radiasi, virus, hingga infeksi.Dari data di atas kita bisa menyimpulkan bahwasanya kanker tidak disebabkan oleh karena mengonsumsi MSG di dukung juga dengan pendapat berbagai ahli kesehatan.Dan sejatinya kita sebagai manusia harus tahu jumlah dan porsi makanan sesuai kebutuhan, jangan terlalu berlebihan dan tetap jaga dan lestarikan kesehatan.
2.LINTAH BISA MASUK PERUT MELALUI KANGKUNG?
Broadcast massage yang berisi himbauan tentang lintah yang bisa masuk dan tumbuh dalam tubuh karena terdapat dalam kankung ini berhasil membuat sebagian masyarakat di indonesia takut dan was-was.Apalagi bagi para penggemar sayur kankung pasti sangat kecewa mendengar berita broadcast tersebut,termasuk saya sendiri.
Untuk isi broadcast massage tersebut adalah tentang seorang anak di malaysia yang meninggal setelah memakan tumis kankung di salah satu restoran,dan dalam broadcast tersebut juga dikatakan bahwa lintah hanya akan mati jika dibakar.tapi faktanya lintah merupakan salah satu hewan yang sebagian tubuhnya terdiri dari air dan akan mati jika terkena larutan yang bersifat asam,menurut teori pencernaan/gasterointestinal manusia,melalui yang namanya gastro/lambung yang terdapat asam lambung dengan tingkat keasaman yang tinggi jadi mana mungkin lintah bisa hidup setelah itu.
Untuk kasus anak di malaysia yang meninggal karena lintah itu sih menurut saya ada faktor lain.misalnya saja karena cara mengolahan tumisnya yang tidak higenis atau sang anak sebelumnya mengonsumsi makanan/minuman yang memicu jantung bekerja lebih keras sehingga menyebabkan sang anak tersebut meninggal dunia.
3.CARA MEMBEDAKAN ES BATU YANG TERBUAT DARI AIR MATANG ATAU MENTAH
pesan yang terkait dengan konten tersebut memang masih sangat mempengaruhi banyak orang termasuk saya,walaupun sudah ada penelitian yang menyebutkan bahwa hal tersebut benar adanya tapi di sisi lain juga ada yang menyebutkan bahwa pesan itu tidak benar,misalnya asumsi yang mengatakan bahwa bahan air mentah atau matang dalam proses pembuatan es batu tidak bisa dilihat dari tampilan es tersebut bisa saja karena pengaruh mesin pembekunya,atau karena terpapar oleh udara sekitar.
Dan baru-baru ini diketahui bahwasanya pesan tersebut ternyata hoax karena faktanya dengan air mentah/matang bahan dasar pembuatan es batu hanya bisa dibuktikan dengan mengunakan cek laboratorium.
4.ADANYA LARVA DI PAYUDARA AKIBAT MENGUNAKAN BRA BARU YANG TIDAK DICUCI
Pesan yang mengatakan tentang larva yang terdapat di payudara akibat memakai bra yang belum dicuci sudah menyita perhatian beberapa penerima pesan broadcast tersebut.Tapi faktanya adalah ketika ada bagian kulit yang terdapat larva jaringan pada kulit tersebut akan memberikan reaksi semacam iritasi yang biasanya ditunjukan oleh kulit yang memerah atau bahkan ada sedikit lesi pada kulit yang terdapat lavra tersebut.
Dan adanya larva pada kulit juga tidak bisa di picu karena menggunakan bra yang belum dicuci karena biasanya larva bisa timbuh dalam kulit melalui gigitan nyamuk yang bisa menularkan larva dari lalat bot.Dari pesan tersebut kita dapat pelajaran bahwa kita harus selalu menjaga kebersihan diri dengan cara membiasakan memcuci meskipun baru sekalian.(Fadilla)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here