Desa Wisata Wonosadi Beji - Warta Handayani

Desa Wisata Wonosadi Beji

Share This

NGAWEN, (WH) – Desa Wisata Wonosadi terletak di Dusun Duren dan Sidorejo Desa Beji Kecamatan Ngawen, kurang lebih 35 kilometer dari Wonosari. Nama Wonosadi sebenarnya adalah nama hutan yang terletak di lereng perbukitan di dua dusun tersebut.
Hingga sekarang, hutan ini masih sangat terjaga kelestarian dan kaya berbagai flora dan fauna, serta terdapat batu-batu alam berukuran besar yang konon merupakan hasil letusan Gunung Merapi Purba. Hal ini disebabkan adanya kepercayaan masyarakat yang merasa diberi wewenang dan tanggung jawab oleh pemilik hutan, yaitu Pangeran Onggolotjo, seorang putra keturunan Majapahit.
Atraksi wisata yang bisa dinikmati di Desa Wisata Wonosadi antara lain wisata spiritual, dengan mengunjungi tempat sakral seperti Watu Gendhong, Kali Ndek, dan Sendang Karang Tengah.
Selain itu, ada home industri kerajinan bambu. Anda dapat melihat upacara tradisional, seperti Rasulan, Sadranan, Mboyong Dewi Sri, Midang, Mantenan, Puputan, Mitoni, Ruwatan.
Lebih dari itu, wisatawan dapat menikmati dan berlatih kesenian Rinding Gumbeng, kesenian khas Wonosadi yang dipercaya sebagai kesenian tertua di Jawa.(Hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here