Meskipun Persiapan Hanya Enam Hari, Optimis Kalurahan Selang Masuk Rintisan Kalurahan Budaya


Wonosari ( Wartahandayani.com )_Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul pada tahun 2024 menggelar potensi rintisan kalurahan budaya yang diikuti dari 28 kalurahan se-Kabupaten Gunungkidul. Senin (10/06/2024) pukul 14.00 wib

Kegiatan yang dimulai dari hari minggu ( 09/06) sampai hari sabtu (15/06) tersebut digelar di masing-masing kalurahan. Dan pada kali ini Pemerintah Kalurahan Selang, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul mendapat giliran disambangi oleh tim akreditasi dari Dinas Kebudayaan Gunungkidul.

Gelar Potensi Rintisan Kalurahan Budaya yang berlangsung di Balai pendopo Kalurahan Selang tersebut menampilkan pameran UMKM lokal, pentas seni, budaya lokal dan upacara tradisi adat Jawa.

Lurah Selang, Wardoyo menyampaikan selain menampilkan semua potensi yang ada di wilayahnya, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menggerakkan roda perekonomian warga, meskipun persiapan hanya dalam waktu enam hari, apa yang kita jalankan optimis kalurahan selang masuk Rintisan Kalurahan Budaya,

"Persiapan hanya enam hari ( Bandung bondo woso) tapi meskipun demikian Kalurahan kami optimis lolos masuk Rintisan Kalurahan Budaya," jelasnya Wardoyo.

Wardoyo juga berharap kedepan bisa masuk Desa Budaya dan bisa berkompitisi, bersaing untuk mensukseskan Undang- undang Keistimewaan.

Di tempat yang sama Kepala dinas kebudayaan, Chairul Agus Mantara, S.IP, MM mengatakan pada tahun 2024 ini mengundang 43 Kalurahan untuk bisa ikut kompetisi, namun setelah penutupan pengumpulan Portofolio hanya ada 34 Kalurahan, padahal di tahun ini ada 20 kuota.

"Sebelumnya sudah ada 40 Kalurahan yang masuk rintisan Kalurahan Budaya, harapannya sekarang di tahun ini bertambah 20 sehingga bisa mencapai 60 Kalurahan," Kata Agus Mantara.

Ada 5 aspek untuk masuk Rintisan Kalurahan Budaya :


1. Adat tradisi.

2. Seni.

3. Bahasa sastra.

4. Pengetahuan tradisional dan teknologi tradisional.

5. Tata ruang cagar budaya.

Red ( Haris )

Posting Komentar

0 Komentar