Kirab Hari Jadi Kalurahan Tepus Ke 76, di Hadiri Bupati Gunungkidul


Gunungkidul ( Wartahandayani.com )_Bupati Gunungkidul Sunaryanta melepas Kirab Budaya #1 dalam rangka Hari Jadi Kalurahan Tepus ke 76. Gelaran budaya ini diikuti oleh 2000 orang dari 20 padukuhan diwilayah setempat.

"Saya memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat ini wujud nyata memelihara persatuan dan kesatuan masyarakat," kata Sunaryanta, Minggu (14/4/2024).

Bupati juga mengatakan, antusias warga mengikuti kirab budaya sangat tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya warga yang hadir. Kegiatan serupa diharapkan bisa terus dilaksanakan.

"Kegiatan ini (kirab budaya) menjadi kebanggaan masyarakat Kalurahan Tepus dan Kabupaten Gunungkidul," tegas bupati.

Lurah Kalurahan Tepus Hendro Pratopo mengatakan, kirab budaya ini menampilkan kesenian terbaik dari masing masing padukuhan. Wilayahnya memiliki 2400 kepala keluarga, setiap KK diwajibkan mengikuti kegiatan ini.

"Satu KK satu perwakilan sehingga ada sekitar 2000 warga yang mengikuti kegiatan ini," papar Hendro.

Pihaknya menerangkan, sejarah Kalurahan Tepus awalnya terdiri dari 3 tiga kalurahan yang melebur manjadi satu. Diantaranya Mbekonang, Ndloko dan Tepus. Wilayah ini kemudian menjadi satu dan diberinama Kalurahan Tepus.

"Harapan kami dengan gelaran kirab budaya akan membawa masyarkat semakin tentram, adem ayem dan tentunya bahagia," tambahnya.

Kirab budaya Hari Jadi Kalurahan Tepus #1 mengambil start di komplek pasar Tepus menuju ke balai kalurahan dengan jarak 1 kilometer. Berbagai kesenian dihadirkan mulai dari gejok lesung, reog, gunungan, tari-tadian,m serta fragmen adat dan budaya.(Bowo/red)

Posting Komentar

0 Komentar