Komisi IV DPR RI Dalam Kunjungan Kerjanya di Gunungkidul, Juga Meninjau Pembangunan PPP Gesing


GUNUNGKIDUL ( Wartahandayani.com )_ Kabupaten Gunungkidul yang wilayahnya berbatasan langsung dengan laut membuat Gunungkidul menjadi daerah yang kaya akan hasil lautnya, guna mendukung sektor kelautan, Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta pun membangun fasilitas pelabuhan ikan salah satunya yang berada di kawasan Pantai Gesing, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul.

Dalam kunjungan kerjanya ke Gunungkidul, Komisi IV DPR RI meninjau progres perkembangan pembangunan PPP Gesing, Kalurahan Girikarto, Kapanewon Panggang.

"Pesan saya kedepan prioritaskan untuk nelayan-nelayan kecil, meskipun pelabuhan ini dapat menampung kapal-kapal besar juga agar ekonomi masyarakat disekitar sini dapat terus berputar," pesan Ketua Komisi IV DPR RI Sudin.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini juga menilai, konsep dari pelabuhan di Gesing ini juga cukup bagus,

"Dengan konsep wisata pelabuhan ikan ini terlihat menarik, dengan penataan yang sedemikian rupa dari Pemerintab Provinsi D.I. Yogyakarta harapannya kedepan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar utamanya nelayan-nelayan kecil ini," 

Senada dengan Ketua Komisi IV, Anggia juga berharap untuk kedepannya diprioritaskan kapal-kapal nelayan kecil dan ada pembatasan dari kapal-kapal besar.

Pelabuhan Perikanan Pantai Gesing sendiri mulai proses dibangun pada tahun 2022 menggunakan dana Keistimewaan dan PPP Gesing nantinya akan dapat menampung kapal sekoci 10 GT sampai 30 GT sebanyak 40 kapal, dan perahu motor tempel sebanyak 50 PMT dengan ukuran sampai dengan 30 grooston.

Dalam kunjungan ini hadir juga mendampingi Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Bayu Mukti Sasongka, Wakil Bupati Gunungkidul Heri Santoso, serta pihak terkait lainnya.(bow/kominfo)

Posting Komentar

0 Komentar