Kekeringan : Himpunan Mahasiswa Program Studi Sosiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta Peduli Masyarakat Gunungkidul


 

GUNUNGKIDUL ( Wartahandayani.com )_ 28 oktober 2023 ,Kemarau panjang yang terjadi di beberapa wilayah termasuk Yogyakarta membuat sebagian besar kawasan mengalami kekeringan, salah satunya ialah Kabupaten Gunungkidul. Himpunan Mahasiswa Program Studi Sosiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (HMPS SOS UAJY) melakukan riset terhadap beberapa wilayah yang terdampak kekeringan selama musim kemarau panjang. Di antara banyaknya lokasi yang terdampak, HMPS SOS UAJY memilih Gunungkidul sebagai daerah yang nantinya akan diberikan bantuan air bersih. Himpunan Mahasiswa Program Studi Sosiologi Universitas Atma Jaya Yogyakata dalam hal ini berusaha untuk terjun langsung mengulurkan tangan memberikan bantuan kepada saudara kita yang membutuhkan. Karena menurut Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Sosiologi UAJY, perlu adanya eksekusi sebagai bentuk perwujudan kita mahasiswa sosiologi. “Kita sebagai mahasiswa ilmu sosial harus mau dan mampu terjun langsung ditengah masyarakat untuk merasakan problematika sosial yang mereka hadapi.” Ujar Jenar Lintang Dahana selaku ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Sosiologi. 


Dalam rangka mewujudkan bantuan air bersih kepada masyarakat Gunungkidul, Himpunan Mahasiswa Program Studi Sosiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta melakukan Open Donasi yang dimulai semenjak tanggal 18 Oktober hingga 26 Oktober 2023. “Totalnya terdapat 87 partisipan dari mahasiswa Universitas Atma Jaya dan beberapa donatur lainnya yang memberikan donasi, dan dana yang berhasil kami kumpulkan sebesar Rp. 1.738.000. Sehingga kurang lebih kami bisa menyumbangkan 10 tangki air bersih kepada masyarakat Gunungkidul, khususnya masyarakat Dusun Gunungdowo RT. 03/RW. 04, Kelurahan Giring, Kapanewon Paliyan.” Ujar Jenar Lintang Dahana. Pada kepengurusan periode saat ini, HMPS SOS UAJY berusaha untuk merangkul dan membantu masyarakat guna menjalin pendekatan dan membangun rasa sosial, dengan harapan pada kepengurusan yang akan datang kegiatan seperti ini dapat terus dilanjutkan. 



Selain berbagi air bersih, kami juga berencana untuk membantu meningkatkan perekonomian UMKM dengan cara melakukan kerjasama atau semacam kolaborasi. “Kami sudah merencanakan untuk menjalin Kerjasama dengan UMKM di bidang Cuci Sepatu dan juga Jasa Konveksi. Selain untuk membantu Usaha Dana (USDA), saya rasa hal tersebut juga bisa meningkatkan pendapatan mereka, mengingat Cuci Sepatu dan juga Jasa Konveksi masuk kedalam salah satu kebutuhan mahasiswa.” Ujar Jenar Lintang Dahana. Kemudian pada kegiatan sosial bidang akademik, Himpunan Mahasiswa Program Studi Sosiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam waktu dekat ini juga akan melakukan kerjasama dengan Laboratorium Sosiologi untuk membagikan working paper kepada beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Yogyakarta.


Himpunan Mahasiswa Program Studi Sosiologi menguncapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada seluruh donatur yang telah bersedia memberikan donasi sehingga kegiatan berbagi air bersih ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Tidak lupa kami juga berterima kasih kepada Bapak Joko Tirto Wibowo selaku Kepala Kelurahan Desa Giring, yang telah berkenan meluangkan waktunya mengantarkan dan mendampingi kami langsung ditengah masyarakat.

Red:

( Jenar Lintang Dahana )

Posting Komentar

0 Komentar