Upacara Peringatan HUT RI Ke 78 di Laksanakan di Atas Wisata Gunung Ireng


Patuk ( Wartahandayani.com )Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menggelar upacara peringatan HUT RI Ke 78 Tahun. Uniknya pengibaran bendera dilaksanakan di atas destinasi wisata Gunung Ireng yang berada di Kalurahan Pengkok, Patuk. 

Upacara bendera ini dimulai pukul 05.30 WIB. Diikuti oleh ratusan warga di kawasan Gunung Ireng. Acara ini menjadi kenangan tersendiri bagi mereka karena kegiatan di pimpin langsung oleh Bupati.

Ketua Pokdarwis Gunung Ireng, Rianto mengatakan, destinasi wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat bagus. Wisatawan dapat menikmati hamparan awan dan sunrise dari ketinggian. 

“Sesuai dengan keinginan bapak Bupati. Saat bendera dinaikan ada golden sunrise yang menjadi background pemandangan,” katanya, Kamis (17/8/2023).

Rianto mengatakan, masyarakat dan pengelola menyambut baik kegiatan tersebut karena diharapkan dapat menjadi ajang promosi Gunung Ireng supaya lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas. 

“Ini momentum yang spesial, biasanya masyarakat hanya mengikuti upacara biasa tidak menunggu matahari terbit seperti ini,” ungkapnya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengungkapkan, pemilihan Gunung Ireng bukan tanpa alasan. Menurutnya destinasi ini sudah menjadi unggulan di Gunungkidul dan memiliki pemandandangan yang spektakuler.

“Ada sejarah yang besar disini (Gunung Ireng). Secara geologis, Gunung Ireng  merupakan bagian dari Gunung Api Purba yang terjadi ratusan tahun yang lalu,” papar Bupati.
Pensiunan TNI AD itu juga mengatakan, Upacara ini diharapkan bisa membantu mengenalkan Gunung Ireng lebih luas lagi. Termasuk jadi momentum kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat.

“Modal pemerintah dalam melakukan pembangunan salah satunya dengan pendekatan dan peran serta masyarakat seperti ini,” kata Bupati.

Dalam pelaksaan upacara tersebut, Bupati dan jajaran kepala OPD, Panewu dan masyarakat sekitar serta Pokdarwis Gunung Ireng yang berjumlah hampir 200 orang. Bupati dan jajaran OPD dan Panewu mengenakan pakaian gagrak Gunungkidulan.


Bowo/kominfo

Posting Komentar

0 Komentar