Long March Karnaval Kesenian Rasul di Padukuhan Regedeg Sepanjang 1 KM


Tepus ( Wartahandayani.com )_Warga masyarakat Padukuhan Regedeg,Kalurahan Giripanggung, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul mengadakan tradisi rasulan (bersih dusun). Tradisi turun temurun masih tetap di lestarikan bahkan digelar cukup meriah, rabu (20/07/2023).

Sularso selaku ketua panitia kegiatan Rasul menjelaskan rasulan atau bersih dusun ini sudah ada sejak dulu.Rangkaian acara Ini merupakan wujud syukur kepada Tuhan atas karuniaNya sekaligus sebagai bentuk keguyuban masyarakat sebagai wujud kebersamaan, Tradisi rasulan di Padukuhan Regedeg ini diadakan setiap satu tahun sekali dan di tahun ini peserta long march karnaval pelaku seninya 90 persen dari anak muda Padukuhan Regedeg dengan route sepanjang 1 km di mulai dari pukul 10.00 wib- selesai.

"Sengaja kami mulai pukul 10.00 wib karena
banyak sekali kesenian yang kita sajikan diantaranya Drum Band pelajar, Jatilan,Reog,Tari-tarian ( youth dance ) kreasi Patung Pangeran Diponegoro dan banyak sekali lainya,"jelasnya Ketua Panitia.

Biarpun hanya 1 Padukuhan, 5 Rt namun di tahun ini tampak meriah sekali karena ini sebagai pelampiasan warga masyarakat Selama 3 tahun kemarin masih pandemi covid 19, dan bersyukur oleh Pemerintah tahun ini bisa melaksanakan rasul secara besar-besaran,

"Luar biasa masyarakat sangat antusias sekali, harapanya dengan adanya kegiatan rasulan seperti ini memperkenalkan kepada generasi muda untuk tetap melestarikan, menjaga, menguri-uri tradisi budaya dari nenek moyang kita," imbuhnya. 




Bowo/red


Posting Komentar

0 Komentar